11 Jun 2023

Kamu Beauty Enthusiast? Ini 4 Hal Yang Bisa Dicoba Untuk Mendatangkan Cuan

cara beauty enthusiast mendapat penghasilan
Kalau kamu membaca artikel ini, bisa dipastikan kamu Beauty Enthusiast. Yeay, welcome to the gang! Jadi beauty enthusiast menarik banget ya kan? Kecintaan kita pada dunia kecantikan bisa memberikan wawasan bagaimana cara merawat kulit dan merias diri. Nggak jarang coba-coba produk skincare/ makeup ini dan itu jadi kebahagiaan tersediri. Kayaknya bukan nggak jarang, tapi tiap ada flash sale bisa belanja deh. Aku paham hal itu karena aku juga begitu hahaha. Akan tetapi, pernah nggak sih kamu merasa ada di titik hobi ke dunia per-beauty-an ini jadi candu? Sampai pernah terpikir masa sih bisanya menggerogoti kocek aja? Bisa nggak ya memanfaatkan beauty enthusiast untuk jadi sumber penghasilan? Sebenarnya sih pengen jadi pengusaha karena banyak keuntungannya. Keuntungan menjadi pengusaha adalah bisa mendapatkan penghasilan besar dan waktu kerjanya lebih fleksibel. Tapi menjadi pengusaha tidak segampang itu bestie. Pasti banyak yang harus dipikirkan dan perlu modal yang besar juga. Terus kalau nggak ada modal besar bisa nggak ya? Jawabannya, bisa! Aku sudah melewati titik itu. Walaupun nggak punya brand sendiri, bersyukur aku sekarang bisa mendapatkan penghasilan dari hobiku. Jadi walaupun sekarang ini aku pekerja kantoran, aku bisa ada penghasilan tambahan. Setelah berkecimpung di dunia beauty bertahun-tahun, aku merekomendasikan 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan cuan.


1. Blogger
Kalau kamu punya skill dalam menulis, jadi Blogger adalah opsi nomor 1 yang bisa kamu coba untuk mendapatkan uang sebagai Beauty Enthusiast. Banyak brand yang sering menawarkan untuk review berbayar. Untuk menjadi blogger, modal yang terpenting adalah kecintaan terhadap menulis supaya bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas untuk pembaca. Terutama untuk review produk, kamu harus menyampaikan sedetail mungkin performa produk tersebut melalui tulisan. Dan Brand selalu tertarik dengan blog yang bisa mengulas produknya dengan baik. Kalau kualitas tulisan kamu bagus ditambah dengan skill fotografi yang oke, Brand akan tertarik untuk bekerja sama dengan kamu.

Tapi jangan berekspektasi blogger selalu dibayar ya. Walaupun nggak melulu dibayar, endorse juga lumayan loh. Selain mereview produk dengan tujuan edukasi atau sharing info untuk pembaca, kamu bisa sekalian trial and error produk tersebut cocok atau nggak tanpa harus membeli produk sendiri. Produk dari brand bisa jadi stok skincare/ makeup kamu selama beberapa bulan ke depan dan kedepannya bisa dengan yakin purchase produk tersebut karena sudah tahu kualitasnya. Itung-itung saving money juga, ya nggak?


2. Youtuber/ Tiktoker/ Instagrammer
Kamu nggak terlalu suka menulis dan lebih punya ketertarikan di video? Cobalah yang ranahnya di editing video, contohnya Youtuber, Tiktoker, atau Instagrammer. Apalagi konten video lagi ramai-ramainya sekarang. Kamu bisa membuat video review atau tutorial makeup di platform-platform terkait. Panjang pendeknya video tinggal disesuaikan aja. Kalau suka membuat video pendek, bagikan di Instagram atau Tiktok. Kalau suka membuat durasi video yang agak panjang, Youtube bisa jadi sarana untuk kamu.

Kalau aku, selain jadi blogger aku juga suka share kontenku di Instagram atau Tiktok. Selain lebih simpel di tahap editing, aku bukan konten kreator yang ahli di public speaking. Walaupun aku ekstrovert tapi nggak terlalu enjoy ngobrol panjang lebar di depan kamera hehe. Untuk membuat 1 video Youtube juga memerlukan waktu yang nggak sebentar, sedangkan aku seorang pekerja kantoran harus mencari-cari waktu untuk membuat konten di tengah waktu luang. Terkadang sampai nggak bisa Me Time, Family Time atau bahkan nggak tidur sama sekali. Tergantung kenyamanan masing-masing dan pintar-pintar mengelola waktu sih. Kalau pengen memanfaatkan semua platform, go for it! 


3. Affiliate
Affiliate lagi diminati nih sekarang ini karena nggak perlu skill tertentu. Kamu cuma perlu share link produk yang ada di e-commerce dan komisi bisa didapatkan dari orang yang membeli produk yang kamu share. Untuk menjadi affiliate nggak perlu modal besar dan nggak ada kerugian karena kamu hanya menjualkan produk orang lain. Biasanya para konten kreator memanfaatkan program affiliate juga untuk menambah pundi-pundi. Ini bisa memperbanyak orang yang membeli produk karena tertarik dengan konten yang kamu bagikan. Kalau kamu ahli dalam ber-affiliate, keuntungan yang kamu dapat bisa setara gaji sebulan bahkan lebih. Banyak kan kisah-kisah sukses dari konten kreator yang berhasil dari program ini. Coba manfaatkan dengan baik platform-platform yang membuka affiliate. Lumayan hasilnya bisa buat jajan.


4. Buat bisnis kecantikan sendiri
Membuat bisnis kecantikan sendiri adalah level tertinggi dari impian beauty enthusiast. Minim kecil-kecilan dulu boleh lah. Coba bisnis dengan menjual produk-produk kecantikan. Banyak kok temen-temenku yang beauty enthusiast yang punya toko online sendiri. Sekalian berlatih jadi pengusaha. Kalau kamu sudah di tahap “punya modal nih, pengen bikin brand kecantikan sendiri ah, gas”, maka jangan ragu. Kamu sering lihat kan banyak artis dan influencer yang sukses membangun brand kecantikannya sendiri namun pasti nggak mudah. Butuh modal besar, riset dan perencanaan matang supaya bisnisnya berkembang. Resiko kerugian juga selalu menghantui. Tapi berbisnis memang kadang naik turun. Tergantung bagaimana kamu mengelola bisnis sebaik mungkin.



Beauty enthusiast nggak melulu ngabisin duit karena ternyata bisa menghasilkan cuan dan nggak semua orang paham akan itu. Setelah baca artikel ini, kamu pasti langsung tahu nih mau jadi Blogger, Youtuber, Instagrammer, Tiktoker, Affilliater, atau bisnis sekalian. Jadi nggak perlu takut diomelin suami, emak, atau mertua lagi kalau kelihatan lagi berduaan sama produk beauty hehe. Semoga kamu bisa menghasilkan cuan dari hobi sebagai beauty enthusiast ya. Semangat bestie!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


© Copyrighted and Designed by . All rights reserved.