1 Nov 2019

Review - Avoskin Miraculous Refining Toner di Kulit Sensitif

Avoskin Miraculous Refining Toner
Produk kecantikan lokal sekarang ini makin menjamur dan makin berinovasi ya. Banyak banget hidden gem yang bisa ditemukan dari produk dalam negeri. Salah satunya produk yang kureview ini yaitu Avoskin Miraculous Refining Toner. Sebenarnya sudah dari dulu banget aku pengen coba Avoskin Miraculous Refining Toner setelah Avoskin Miraculous Refining Serum membuat hasil yang mencengangkan di kulit kombinasi-sensitifku. Bukan tanpa alasan, Avoskin Miraculous Refining Toner diklaim mengandung 5% AHA, 1% BHA, dan 2% PHA yang menjadikan produk chemical peeling ini aman untuk digunakan sehari-hari baik untuk kulit berjerawat, breakout, kulit sensitif, bahkan yang punya exzema dan rosacea sekalipun. Kebetulan Surabaya Beauty Blogger ada project bareng Avoskin dan aku diberi kesempatan untuk mereview Avoskin Miraculous Refining Toner ini. Setelah cobain selama 4 minggu, aku bisa bilang Avoskin Miraculous Refining Toner adalah salah satu jawara dalam skin care routine-ku. Mau tau seperti apa review dan progress kulitku selama memakai Avoskin Miraculous Refining Toner? Baca sampai habis ya.


BACA JUGA : 
Review Avoskin Miraculous Refining Serum
Review Avoskin PHTE
10 Produk Skincare Non-Comedogenic Untuk Kulit Sensitif



Avoskin Miraculous Refining Toner Review
Avoskin Miraculous Refining Toner Review
Avoskin Miraculous Refining Toner Review

INFO PRODUK
Eksfoliating toner dengan kandungan 5% AHA, 1% BHA, dan 2% PHA yang dilengkapi dengan kandungan Niacinamide, 2% Tea Tree, Witch Hazel, Raspberry dan Aloe Vera untuk memaksimalkan proses eksfoliasi kulit tanpa meninggalkan efek kering dan aman untuk kulit berjerawat.

CARA PEMAKAIAN
Setelah membersihkan wajah, tuang secukupnya pada kapas. Usap dari area tengah wajah ke arah luar dengan gerakan ke atas dan biarkan menyerap. Hindari area mata. Tidak perlu dibilas.

Pada awal penggunaan, disarankan untuk mengaplikasikannya pada malam hari dengan frekuensi pemakaian 3 kali seminggu. Tingkatkan frekuensi penggunaan Miraculous Refining Toner setelah satu atau dua minggu kemudian. Bagi pemilik kulit sensitif, disarankan untuk patch test sebelum menggunakannya ke seluruh bagian kulit wajah.

BATAS USIA
Bisa digunakan sejak usia 15 tahun

INGREDIENTS
Water, Glycerin, Glycolic Acid, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Gluconolactone, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Extract, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Leaf Extract, Niacinamide, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Rubus Idaeus (Raspberry) Fruit Extract, Citrus Limon (Lemon) Fruit Extract, Salicylic Acid, Acer Saccharum (Sugar Maple) Extract, Portulaca Oleracea Extract, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Amylopectin, Dextrin, Xanthan Gum, Tetrasodium EDTA, Sodium Hydroxymethylglycinate, Polyglutamic Acid.

HARGA 
IDR 169.000

Avoskin Miraculous Refining Toner Review

KEMASAN     
Avoskin Miraculous Refining Toner dikemas di botol plastik warna cokelat tua dengan tutup ulir. Botolnya agak tembus pandang jadi kita biasa lihat isi produknya tinggal seberapa. Oya, sebenarnya di lubang botolnya ada seal supaya isinya nggak menguap. Tapi karena ribet buka tutup, aku lepas aja seal-nya. Pas mau foto produk seal-nya hilang nggak tau kemana jadi aku fotonya tanpa seal. So sorry tapi yaudah lah ya. 

Keterangan tentang info produk ini ditulis di kemasan kotaknya. Di botolnya cuma ada logo Avoskin, nama produk, manfaat produk, isi dan expired date. Kalau kalian nyari tulisan expired date-nya, coba kalian lihat di sisi lain tulisan nama produk, di dekat dasar botol. Agak susah dilihat sih karena tintanya hitam. Walaupun begitu sepertinya cetakannya bagus dan nggak akan terkelupas. Jadi nggak perlu ribet nyari expired date di kemasan dus atau repot-repot tulis di kertas dan ditempelin pakai selotip. 

Pemakaian Avoskin Miraculous Refining Toner di Kulit Sensitif

AROMA DAN TEKSTUR     
Produk ini nggak mengandung perfume jadi nggak ada aroma yang tercium. Untuk teksturnya, Avoskin Miraculous Refining Toner teksturnya cair. Karena teksturnya kaya air mineral dan berhubung produk ini chemical peeling, aku lebih suka mengaplikasikan pakai kapas supaya penyebarannya produknya lebih rata. 

Hasil Avoskin Miraculous Refining Toner

KESAN PEMAKAIAN     

PERSIAPAN SEBELUM PEMAKAIAN
Jadi sebelum pakai Avoskin Miraculous Refining Toner ini, aku puasa skin care dulu selama 3 hari supaya kulitku jadi netral. Aku nggak pakai skin care apapun. Kebetulan selama 2 minggu aku juga belum melakukan peeling baik physical maupun chemical. Yang kupakai selama puasa skin care hanya facial foam dan micellar water hypoallergenic. Hasil puasa? Ya begitulah. Kondisi kulitku jadi kelihatan kering, banyak whiteheads dan blackheads, pori-pori kelihatan besar dan tekstur kulit nggak rata. Clogged pores di pipi, jidat dan dagu. Skin tone wajahku juga kelihatan lebih kusam dari skin tone leher.

AWAL PEMAKAIAN     
Sebelum pakai aku patch test dulu di belakang telinga. Karena nggak ada reaksi apapun, aku coba pakai di seluruh wajah di malam hari aja. Karena toner ini mengandung AHA-BHA-PHA, kulit akan lebih sensitif dengan matahari dan bisa memicu efek kulit terbakar. Maka dari itu kalau dipakai pagi hari harus pakai sunscreen secara berkala dan menghindari kontak langsung dengan matahari. Menimbang kerjaanku yang sering turun ke lapangan, daripada ribet dan ambil resiko, amannya aku pakai cuma di malam hari.

Aku mengaplikasikan Avoskin Miraculous Refining Toner setelah membersihkan wajah pakai facial foam dan micellar water. Aku pastikan kulitku 100% kering sempurna dulu, baru mengaplikasikan tonernya pakai kapas supaya lebih merata. Awal dipakai rasanya biasa aja, setelah beberapa detik mulai tingling/ cekit-cekit di area yang kuberi toner. Fyi, kulitku sudah kenal dengan kandungan AHA-BHA-PHA sebelumnya. Walaupun sudah "ramah dengan chemical peeling", kulitku ternyata tetap terasa cekit-cekit. Cekit-cekitnya terasa paling hebat kalau kena pinggiran bibir dan kulit yang agak luka. Kira-kira 5-10 detik kemudian cekit-cekitnya mereda. Aku sarankan hindari area bibir waktu usap produknya. Kebetulan awal aku pakai ada jerawat hormonal yang muncul. Aku juga pakai toner ini sebagai spot treatment di area jerawat dengan cara dikompres pakai kapas.

Waktu tes ini aku sengaja coba pemakaian single use dan nggak di-dilute (dicampur air untuk menipiskan kadar ingredients-nya supaya nggak terlalu strong). Di kulit kombinasi-sensitifku, setelah pengaplikasian wajah nggak terasa kering sama sekali. Nggak terlalu lembab memang, tapi masih dalam kondisi nyaman. Aku nggak merasa butuh hydrating toner/ moisturizer lagi sih. Walau begitu, lebih baik lagi kalau diikuti dengan moisturizer ya temen-temen, terutama untuk kalian yang kulitnya kering.

SETELAH PEMAKAIAN 2 MINGGU
Mengingat kulitku sensitif, aku nggak pakai toner ini tiap hari. Avoskin Miraculous Refining Toner kupakai single use tanpa dilute, konstan 3 kali seminggu hanya di malam hari. Selama pemakaian 2 minggu aku tetap merasakan cekit-cekit tiap kali pakai tapi nggak sekenceng di minggu pertama. Aku juga nggak merasakan iritasi, kulit mengelupas, breakout, atau keluhan lain. Di minggu ke-2 ini jerawatku sudah tinggal bekasnya, warna kulitku mulai cerah, tekstur kulit mulai rata, pori-pori mengecil, dan whiteheads/ blackheads berkurang drastis. Clogged pores yang ada di area pipi, dagu dan jidat juga berkurang. 

SETELAH PEMAKAIAN 4 MINGGU
Sampai minggu ke-4 aku tetap pakai toner ini single use tanpa dilute sebanyak 3 kali seminggu. Hasil optimal aku peroleh di minggu ke-4 ini, dimana kulitku kelihatan cerah dan sudah sama dengan skin tone leher, tekstur kulit halus, pori-pori makin mengecil, bekas jerawat makin pudar, dan area hidungku nggak terlihat ada whiteheads/ blackheads. Hidungku keliatan licin aja gitu. Clogged pores di area pipi, dagu dan jidat sudah hampir bersih semua. Nah kalau kalian lihat di foto progress 4 minggu jerawat di jidatku ada luka, itu karena jerawat yang belum tuntas mulai matang lagi dan keluar isinya. Foto itu kuambil waktu proses healing bekasnya. Overall, kinerjanya di jerawat dan bekas jerawat terbukti banget di aku.




Selama 4 minggu pemakaian, Avoskin Miraculous Refining Toner terbukti kasih hasil positif di kulitku. Walaupun nggak di-dilute, toner ini sudah punya low Ph dan nggak membuat kulit sensitifku iritasi, mengelupas, atau breakout. Semua yang diklaim Avoskin Miraculous Refining Toner terlihat hasilnya. Avoskin ini produk lokal tapi kualitasnya nggak main-main loh. Harganya juga terjangkau di kantong. Aku rekomendasikan Avoskin Miraculous Refining Toner untuk kalian yang cari soft chemical peeling yang bisa digunakan semua jenis kulit, terutama untuk yang kulitnya sensitif.

Kalau di kulit sensitif seperti aku, durasi pemakaian 3x seminggu menurutku sudah sesuai karena aku merasakan hasil positif. Kalian mungkin penasaran gimana hasil Avoskin Miraculous Refining Toner di tipe kulit yang nggak sensitif dengan durasi pemakaian berbeda, coba baca review Avoskin Miraculous Refining Toner di blognya mbak Nindy deh.

Kalian yang sudah coba Avoskin Miraculous Refining Toner, share dong pengalaman kalian. Kalau kalian belum coba Avoskin Miraculous Refining Toner dan punya pertanyaan tentang pemakaian produk ini bisa komentar ya, mungkin aku bisa bantu berdasarkan pengalamanku. Aku harap review Avoskin Miraculous Refining Toner ini membantu kalian yang cari info tentang produk ini.  Semoga review ini bermanfaat yaa ^^.



     WEBSITE AVOSKIN OFFICIAL     



48 komentar:

  1. hmmm gara2 ada efek clekit2nya aku maju mundur mau pake ini sebagai exfoliation kulitku...haha cemen duluan ya.

    Tfs ya Gadis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Percayalah clekitnya nggak seburuk yang kau kira mbak wkwkw. Coba patch test dulu aja biar g kaget clekit2nya gimana :P

      Hapus
    2. Tergantung kondisi kulit sih. Kalo aku pakai toner avoskin ini, gak ngerasain clekit clekit. Aku juga bingung sama kulitku sendiri hehe

      Hapus
  2. Bisaa ngatasin jerawat mendem ga ya?

    BalasHapus
  3. Waktu pertama pakai toner sekalian sm serumnya nggak kah kak?
    Itu hasil dr toner aja kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini hasil dari pemakaian toner aja tanpa serum dan sebelum pakai aku puasa skincare dulu 3 hari. Lebih lengkapnya bisa dibaca di ulasan kesan pemakaian ya.

      Hapus
  4. Aku abis pake tonernya kenapa gatel ya? Apa nggak cocok kalo gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kamu pakainya jarang-jarang dulu misal 1 minggu 1x atau 2x. Pakai toner aja jangan dibarengin produk lain. Atau coba kamu campur air mineral perbandingan 1:1.
      Kalau tetep terasa gatel bisa jadi nggak cocok kalau dibarengin produk lain atau memang kandungannya nggak cocok sama kulitmu

      Hapus
  5. Sunscreennya pake apa kak? Takut gak cocok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku sih pakai Althea Sunscreen atau dari Kose Cosmeport. Pakai sunscreen harian km jg bisa kok.

      Hapus
  6. Baru sampai ini avoskinnya...inshaaAllah malam dicoba...doakan cocok ya...sudah coba bermacam² namun belum cocok,selama hampir 2 bulan puasa make up dll. Semoga jerawatnya cepat hilang😅

    BalasHapus
  7. Kalau pakai ini terus scrubnya digunakan kapan kak? Aku bingung mau beli ini atau scrub the saem, soalnya katanya sih sama2 bisa ngangkat sel kulit mati dan cocok untuk kulit sensitif hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku paling aman scrubnya dipakai 1-2 minggu setelahnya atau pas muka keliatan kucel aja karena kulitku jg sensitif.
      Sejak pakai ini aku jadi jarang pakai scrub lagi sih karena kulit udah keliatan mulus dan g kucel. Kalau scrub aku picky bgt karena hrs liat ingriedients dulu, terutama yg bentuknya krim yg riskan bikin aku bruntusan. Tapi blm tentu di kulit km reaksinya sama. Pilihan ada di kamu, lebih suka pakai yg scrub atau chemical kaya avoskin ini.

      Hapus
  8. Itu cowo bisa kah ka??
    .biasanya pria gk mau ribet perawatan,
    .bisa kah avoskin untuk kulit,kusam.jerawat.bekasjerawat.pori besar tanpa tambahan serum,moisturizer. Kecuali sunscren???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dipakai untuk cowok kok. Setahuku kulit cewek dan cowok karakternya agak beda. Bisa km coba dulu nyaman atau nggak kalau tanpa serum/ moisturizer. Kalau nyaman ya silahkan dan jangan lupa pakai sunscreen.

      Hapus
  9. Maaf mbak, mau tanya. Aku baru liat2 ni. Maju mundur juga Krn kulit ku sensitif, bisa2 memerah dan iritasi. Tapi pengen punya kulit bersih mbak. Saran donk

    BalasHapus
    Balasan
    1. km bisa patch test dibelakang telinga dulu atau bisa tiru cara pemakaianku ya.

      Hapus
  10. Hallo kak, aku suka reviewnya. Dan ada yg aku mau tnyain, semoga bisa bantu jawab ya kakk, aku dah yakin mau coba tp masih ada bbrp pertanyaan😄
    1. perlu hydrating toner nggak si ka utk dibarengi sm pemakaiannya?
    2. Utk di kaka sendiri, setelah pake toner ini, ada pemakaian krim malam kah atau bener2 puasa skincare jadi cuma micellar water, facial wash dan toner ini aja?
    3. Aku pernah baca di bbrp review, pemakaian exfoliating toner ini nggak bisa di barengi sm pemakain skincare yg ada kandungan vitc nya, apa itu termasuk facial wash? Kbetulan ku lg pake warsah c defense facial wash.

    tq before 🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo terima kasih sudah baca. Aku coba jawab pertanyaan km ya.
      1. Hydrating toner biasanya dipakai setelah exfo toner yg bikin kulit jadi kering. Avoskin toner ini nggak bikin kering di aku jadi aku nggak perlu pakai hydrating toner. Itu preferensi masing2 mau pakai hydrating toner atau nggak.
      2. Aku puasa skincare sebelum pemakaian aja dan seperti yg bisa km baca, hasil before-after yg km lihat disini cuma pakai micellar water+facial wash+avo toner. Selepas periode review aku tetep pakai dengan rutinitas yg sama dan kadang ditambah avo serum/ moisturizer kalau butuh.
      3. Aku sarankan stop semua penggunaan produk yg punya kandungan vitamin C sekecil apapun untuk menghindari iritasi, termasuk facial wash.

      Hapus
    2. Kenapa stop penggunaan Vit.C ya? apa itu pengaruh untuk menimbulkan jerawat kalau pemakaian dicombine dengan pagi pakai Vit.C dan malam pakai exfo ini?

      Hapus
    3. Menurut yang aku baca dari pengalaman temen-temen yg sudah nyoba Avoskin Toner dan udah konsultasi sama brand, avoskin toner ini kalau dicombine vit.C bikin efek dari Vit.C-nya berkurang. Dan beberapa kasus ada yang sampai menimbulkan jerawat ringan sampai parah. Kalau dipakai pisah siang-malam aku sendiri kurang tahu hasilnya karena kulitku sensitif dan lebih baik menghindari vit.C sama sekali. Mungkin kamu bisa tanya ke IG Avoskin-nya untuk info lebih lanjut ya.

      Hapus
  11. Halo ka, aku mau berhenti krim dokter, udah seminggu puasa skincare tp keluar whitehead gitu, kalau pakai ini kira kira bakal cocok ga yah ka buat aku yang mau lepas krim dokter ? Btw kulitku juga sensitif, mohon bantuannya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau lepas krim dokter biasanya emang kondisi kulit jadi kelihatan parah. Asal kulitnya udah di-netralin dengan puasa skincare aku rasa bisa dicoba. Untuk cocok nggak-nya bisa dicoba jarang-jarang dulu misal 1 minggu sekali. Kalau kulitnya sudah kenal bisa pakai rutin.

      Hapus
  12. Ascorbic acid itu vit C juga ya kak? Krn kandungan PHTE avoskin selihat aku ada ascorbic acidnya. Bagaimana ya kak?

    Kalau toner aha bha dicampur pemakaiannya dengan krim malam alfa arbutin bagaimana kak? Terima kasih atas sharing2nya yaa.. Good luck!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari sumber yang kubaca di internet sih iya itu Vit.C. Kulitku sensitif kan, aku pernah pakai avoskin toner dicombine PHTE kulitku jadi agak gatal dan muncul bruntusan. Tapi banyak temen-temen yang coba combine dan baik-baik aja malah hasilnya bagus. Ini tergantung kulit masing-masing sih.
      Karena aku nggak pernah nyoba campur alpha arbutin, menurut artikel yang pernah aku baca sih sebaiknya nggak dicampur supaya nggak iritasi. Jadi alpha arbutinnya di malam hari, AHA/BHA-nya dipakai pagi+sunscreen. Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan langsung ke IG Avoskin ya.

      Hapus
  13. Halo kak, terimakasih atas review-nya. Aku pernah baca di dari berbagi sember kalau aha, bha, dan pha tidak boleh dicombain dengan niacinamide karena dapat menghambat kerja niacinamide nya. Tapi ternyata ga masalah ya kalo digabung jadi satu?? Aku mau beli tapi maju mundur takut ga cocok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahuku yg rentan bikin iritasi itu aha/bha + vit c dan Niacinamide + vit c. Ada emang beberapa yg nyebutin kalau aha/bha + niacinamide g boleh tapi g disebutin persentasenya brp. Mungkin bisa gitu kalau persentase bahan aktifnya g sesuai. Kadang kan ada org yg pakai produk terpisah aha/bha sendiri niacinamide sendiri tanpa peduli sama persentase kandungannya.
      Selama aku pakai avoskin sih kulitku baik2 aja dan malah membaik. Mungkin formulanya disesuaikan dgn persentase tertentu supaya bhn aktifnya bisa seimbang dan efeknya optimal. Kalau mau lebih yakin bisa tanya2 lebih lanjut ke IG Avoskin ya.

      Hapus
  14. Hallo kak, mau tanya nih kira-kira remaja perlu exfo toner ga? Dan jika toner ini dipakai untuk remaja aman ga ya? Dan apa ada efek sampingnya untuk remaja? Masih takut² nyoba skincare kak hehe dan kalau boleh kasih saran, skincare yang harus dipakai diusia remaja apaya kak? Maaf bnyak nnya nih kak huhu>_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman kok. Seperti yg sdh aku tulis diatas, ao toner ini bisa digunakan mulai usia 15 thn. Aku sarankan penggunaan seperlunya untuk remaja misal 1-2x seminggu. Jgn dipakai di pagi/ siang hari karena biasanya sering terpapar matahari waktu sekolah dan malas re-apply sunscreen kan. Remaja yg penting pakai facial wash, moisturizer, dan wajib sunscreen menurutku. Mau pakai lebih dari itu silahkan ^^

      Hapus
    2. 1 lgi kak klau serum/essence aman ga ya buat remaja? Klau aman, recommend dri kk dong hihi

      Hapus
    3. Aman asal sesuai dgn jenis kulit/ kebutuhan kulit/ permasalahan kulitnya. Banyak kok rekomendasinya coba di-search ya. Untuk remaja sih aku nggak terlalu sarankan pakai essence karena belum terlalu butuh. Tapi silahkan aja kalau mau pakai.

      Hapus
  15. Ka mau tanya semoga dijawab ya hehehe. Jadi gini aku baru coba pake avoskin refining toner dan serumnya dan dana avoskin phte. Sebelumnya aku pake some by mi yg snail truecica. Kira kira itu bisa di combine gak ya. Misalnya senin rabu jumat pake avoskin trus selasa kamis sabtu pake some by mi. Thanks ya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku rasa bisa km coba combine. Km lihat nanti kulitmu bereaksi gimana. Kalau nggak ada masalah bisa km lanjutkan pola skincare yg km mau tadi.

      Hapus
  16. abis pake toner pake moisturizer aloevera boleh ga sih?

    BalasHapus
  17. Pake toner merk ini tp pake krim lain bisa ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok tapi hindari yang mengandung vit C ya

      Hapus
  18. thank u ka gadis buat reviewnya bermanfaat banget ini ka , luvv dijelasin detail dan jelas bangett

    BalasHapus
  19. Sebenernya mo dipake pagi mo malem ttp photosensitive sih, kak. Itungannya bkn sehari/semalem tapi seminggu lho. Jadi, klo mau pake aha di pagi maupun malem ttp harus pake sunscreen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ini infonya bermanfaat banget. Makasih ya udah share.
      Berhubung kulitku sensitif sama kandungan sunscreen, aku nggak bisa pakai sunscreen lama2 karena pasti bruntusan. Dan selama pakai aha malem hari aku g ngalamin efek gimana2. Mungkin yg concern sama photosensitive bisa pakai sunscren/ skincare yg formulanya untuk photosensitive.

      Hapus
  20. Aku baru pertama kali cobain avoskin ini kak. Tapi ko'gak ada ngerasain sensasi cekit2 sedikitpun ya kak?
    Kak kasih saran dong serum yang cocok buat tipe wajah yang kering dan bruntusan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi kulitmu nggak terlalu sensitif. Temenku ada yg kaya km, malah dia nggak ngerasain cekit2 waktu pakai sekaligus avoskin miraculous toner+serumnya.
      Km bisa coba pakai serumnya avo miraculous.

      Hapus
  21. Hi kak aku mau tanya, pemakaian tonernya kan 3x seminggu. Nah kalo galagi pake toner itu biasanya pake toner lagi ga kak? Dan kalo boleh tau moisturizer nya apa? Hehe makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau lagi g pakai ini aku cuma pakai bioderma sensibio buat toner + serum nacific phytoniacin/ fresh herb. Kadang pakai moisturizer althea fixer cream, kadang g pakai sama sekali. Kulitku sensitif bgt masih cari2 krim yg cocok hehe

      Hapus
  22. Hi kk aku mau coba pakai toner ini. Tetapi aku msh menggunakan facial wash acnes creamy wash yang mengandung sdkit vit C. Jadi apa yang harus aku lakuin???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pakai creamy wash dan skincare apapun yg g mengandung vit c selama pemakaian aha/bha. Kalau mau konsultasi lebih lanjut bisa tanya langsung ke avoskinnya ya.

      Hapus


© Copyrighted and Designed by . All rights reserved.