Sep 20, 2019

4 Tips Travelling Untuk Pekerja Kantoran


Sumber foto : Google 

Beberapa minggu ini tuh aku selalu kepikiran buat travelling. Entahlah, sepertinya karena efek terlalu bekerja keras. Tiap hari ngelihatin Instagram nongol foto-foto pemandangan alam jadi bikin hati ini pengen cepet-cepet liburan. Tapi ya namanya travelling, banyak banget yang harus disiapkan terutama bagi pekerja kantoran kaya aku. Perfeksionis sih enggak ya, cuma aku antisipasi supaya moment travelling-ku nggak jadi zonk dan nggak mengganggu pekerjaan. Aku pernah punya pengalaman travelling paling nggak enak karena ketemu banyak drama dan hal-hal yang nggak aku duga sebelumnya. Karena pengalaman itu, aku jadi wajib prepare semua kebutuhan travelling sampai hari H. Karena aku posisinya seorang pegawai, otomatis waktu liburanku nggak bisa lama-lama. Liburan yang paling lama sih waktu Idul Fitri. Tapi nggak kuat juga harus nunggu liburan setahun sekali. Kadang aku nekat aja liburan kalau ada sedikit waktu luang. Gimana sih pekerja kantoran bisa tetap liburan dengan maksimal? Aku punya beberapa tips nih untuk kalian.

Sumber foto : Google 

1. Tentukan tanggal dan durasi waktu liburan 

Kalau ngomongin liburan pasti yang langsung terlintas di otak adalah tanggal merah/ libur panjang. Tapi ada beberapa orang juga yang lebih suka menghindari tanggal “ramai” untuk liburan karena minim pengunjung. Kalau kamu memutuskan untuk liburan diluar tanggal ramai, harus dipertimbangkan juga perlu cuti atau nggak. Hitung kamu butuh berapa hari untuk liburan mulai dari keberangkatan sampai pulang terutama untuk transportasi. Rencananya dalam waktu dekat ini aku pengen jalan-jalan ke Semarang. Dari Surabaya aku mau naik kereta aja supaya nggak capek dijalan. Nah aku cek dulu jadwal kereta Surabaya Semarang butuh berapa hari pulang pergi. Karena transport waktunya nggak bisa diganggu gugat, waktu jalan-jalannya aja yang nanti disesuaikan. Paling ideal ya memanfaatkan hari kejepit supaya cutinya nggak lama-lama. 

Sumber foto : Google 

2. Tentukan destinasi yang ingin dikunjungi. 

Destinasi wisata di satu kota banyak macamnya mulai dari wisata belanja, wisata alam dan masih banyak lagi. Yang pasti nggak bisa dijelajahi semua dalam 1 hari. Tips buat yang pekerja yang nggak bisa ninggalin kantor lama-lama, coba eksplorasi daerah yang ingin dikunjungi seefektif mungkin, bukan sebanyak mungkin. Cari destinasi wisata menarik di internet dan buat daftar tempat yang benar-benar pengen kamu kunjungi. Contohnya aku kemarin bikin daftar 3 tempat wisata anti mainstream di Malang yang pengen banget aku kunjungi. Kalau punya list misalnya 3 tempat, jangan tergoda mengunjungi tempat wisata lain diluar list yang kamu tentukan apalagi yang belum kamu search dulu infonya. Manfaatkan waktu dengan baik. Dan jangan habiskan lebih banyak waktu di penginapan. Kalau tujuannya tidur sih mending tidur di rumah karena lebih nyaman kan. 

Sumber foto : Google 

3. Selesaikan pekerjaan jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan 

Kalau durasi dan tujuan liburannya sudah ditentukan, pastikan tugas kantor semua selesai. Ya nggak bisa selesai 100% karena tiap hari pasti ada aja kerjaan. Tapi seenggaknya jangan sampai kerjaan menumpuk apalagi yang sudah dekat dead line-nya. Nggak enak kan kalau lagi liburan masih kepikiran kerjaan di kantor. Dalam segi etika juga kelihatan nggak professional ditengah-tengah padatnya pekerjaan malah ditinggal liburan. Lagipula kalau kerjaan sudah selesai, semakin besar peluangmu dapat ijin cuti. 

Sumber foto : Google 

4. Bawa barang seperlunya 

Liburan pekerja kantoran biasanya lebih cenderung ke travelling kilat karena waktunya benar-benar dimanfaatkan. Dibanding membawa koper, lebih ideal pakai backpack aja untuk travelling. Bawa baju/ peralatan yang sekiranya kamu butuhkan supaya kamu nggak perlu ribet check in – check out cuma demi taruh barang. Bawa segala kebutuhanmu dan eksplor tempat-tempat yang pengen kamu kunjungi. Otomatis budget untuk penginapan bisa dipangkas. Nah kalau besoknya kamu harus kerja, jangan lupa bawa baju kerja didalam tas kamu. Kalau waktu pulang liburannya mepet banget sama jam masuk kerjam kamu bisa langsung cus ke kantor. 



Namanya travelling untuk pekerja kantoran tentu nggak bisa sempurna segalanya. Kemungkinan ketemu kendala ini-itu pasti ada. Tapi kalau kita stick sama 4 tips ini, ancang-ancang liburan bisa banget diwujudkan. Minimal kita bisa tahu apa yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk travelling. Gimana nih para pekerja kantoran yang doyan travelling, masih maju mundur untuk berangkat liburan?


No comments:

Post a Comment

IBX599E7E87640F0

© Copyrighted and Designed by . All rights reserved.