20 Mei 2019

3 Rekomendasi Wisata Malang Anti Mainstream Yang Wajib Dikunjungi

Sumber : Travelingyuk 

Nggak kerasa bentar lagi bulan Ramadan mau selesai dan berganti jadi musim liburan. Selain mengunjungi sanak saudara di momen lebaran, libur lebaran yang cukup lama jadi waktu yang ideal untuk berkumpul bersama keluarga. Tahun ini rencananya aku mau liburan ke Malang karena banyak saudaraku yang tinggal disana. Yaa hitung - hitung cari suasana baru dan penyegaran dari aktivitas kota Surabaya. Oh ya, mumpung masih ada waktu sebelum liburan lebaran, aku punya Tips Travelling Anti Bokek nih supaya liburan tahun ini bisa berjalan lancar dan menyenangkan. 

Kalau diingat-ingat lagi, selama ini aku liburan ke Malang ya ke tempat itu – itu saja. Kalau nggak ke rumah saudara ya ke tempat makan di sekitar sana. Aku dan keluarga jarang banget menjelajahi tempat-tempat wisata di Malang karena sebagian besar waktu digunakan untuk berkunjung silaturahmi, mengingat antara rumah saudara satu dengan yang lain sangat jauh. Ada yang posisinya di pusat Malang, ada yang di Malang Timur naik gunung di Poncokusumo, ada juga yang di Malang Selatan di kawasan Sumbermanjing. Perjalanan dari rumah saudara satu ke yang lainnya saja bisa memakan waktu masing-masing sekitar 2 jam. Selain itu pengetahuan kami akan tempat wisata di Malang sangat sedikit. Mainnya paling mentok ya ke Alun – alun Malang. Sayang banget sebenarnya karena kalau ditelusuri lebih dalam, Kota Malang punya segudang tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi. Dari wisata alam, wahana bermain dan edukasi, maupun destinasi belanja ada semua disana. Ada beberapa tempat wisata unik di Malang yang wajib untuk dikunjungi versiku nih, antara lain sebagai berikut: 

Jatim Park     

Jatim Park 1
Sumber : Google 

Jatim Park 2
Sumber : Trivindo 

Jatim Park 3
Sumber : IDN Times 

Jatim Park adalah tempat wisata yang cukup terkenal di Jawa Timur. Jatim Park menawarkan wisata alam dibumbui dengan edukasi yang menarik. Jatim Park sekarang ada 3 seri, antara lain Jatim Park 1 yang menyuguhkan wahana bermain, edukasi berupa pengenalan suku-suku di Indonesia, taman flora dan fauna. Jatim Park 2 menyuguhkan kebun binatang, eco park dan museum satwa dimana kamu bisa melihat berbagai fosil hewan. Dan yang terbaru adalah Jatim Park 3 yang punya tema Dinosaurus. Masih ingat film wisata dinosaurus “Jurassic Park”? Ya seperti itulah konsepnya. Pengunjung diajak berjalan-jalan menjelajahi zaman dinosaurus. Yang pasti semua Jatim Park harus dikunjungi karena masing-masing mempunyai konsep yang unik. 


The Onsen Hot Spring Resort     

Sumber : IDN Times 

Suka dengan hal-hal yang berbau negeri Sakura Jepang? Di The Onsen Hot Spring Resort, kamu akan diberi pengalaman wisata Malang ala Jepang. Kamu bisa menikmati suasana pemandian air panas (onsen), desain interior, eksterior, taman, dan kuliner serba berbau Jepang. Nggak hanya itu, kamu bisa menyewa yukata (baju tradisional Jepang) untuk foto-foto di lingkungan The Onsen. Disini juga disewakan rumah-rumah tradisional Jepang bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana tinggal di “Jepang” lebih lama. 


Pantai Batu Bengkung     

Sumber : IDN Times 

Dari sekian banyak tempat wisata, Malang punya banyak pantai yang sangat mempesona dan Pantai Batu Bengkung adalah salah satunya. Beberapa tahun lalu aku pernah sekali ke pantai ini waktu acara pernikahan sepupuku di daerah Sumbermanjing. Pantai Batu Bengkung terletak di kecamatan Gedangan, Malang yang bersebelahan dengan kawasan Sumbermanjing. Sepulang dari acara pernikahan, rombongan keluarga sekalian diajak mampir ke pantai ini. Serius pantainya bener-bener cantik. Air lautnya jernih berwarna gradasi biru – cyan. Ada gugusan bebatuan di sepanjang pantai yang membentuk bengkung (korset) dan beberapa karang besar yang masih alami membelah air pantai. Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, deburan ombak di pantai ini cukup besar jadi pengunjung hanya dibolehkan berenang di beberepa area tertentu untuk keselamatan. Namun pengunjung masih diperbolehkan berenang di kolam alami yang terbentuk dari air yang terbendung disekitar gugusan bebatuan pantai. Keindahan pantainya masih alami dan eksotis. Sampai sekarang keindahannya masih teringat jelas di ingatanku. Pengen banget kesana lagi. 


Selain tempat wisata diatas. Sebenarnya Malang masih punya segudang tempat wisata menarik. Walaupun aku tinggal di Surabaya yang dekat sama Malang, aku masih punya PR untuk mengunjungi tempat-tempat wisata disana karena saking banyaknya. Tahun ini liburan lebaran cukup lama kan, sepertinya aku bisa mengajak keluargaku untuk berwisata ke tempat-tempat yang kusebutkan tadi. Ngomong-ngomong kalau kamu dan keluarga mau liburan ke Malang, ada paket tour malang traveloka yang bisa dicoba loh. Kamu bisa mendapatkan tiket transportasi dan booking kamar hotel dengan harga paket yang bisa memangkas pengeluaran kamu. 

Kalau kamu sudah punya plan mau ajak liburan kemana? Share dong plan liburan kamu dan tempat yang akan kamu kunjungi. Siapa tahu aku masukkan list tujuan wisata untuk liburan selanjutnya. Dan semoga artikel ini bisa jadi rekomendasi wisata Malang yang bermanfaat untuk kamu yang punya rencana wisata kesana. Selamat liburan!


2 komentar:

  1. penasaran jd mau ke malang 😍😍😍

    BalasHapus
  2. wahh kaa😍😍😍 bagus” bgt tmptnya semua .. jadi pengen ke sana sekali sekali😂 ada onsen lagi berasa kayak di Jepang

    BalasHapus


© Copyrighted and Designed by . All rights reserved.