Apr 24, 2019

Tips Travelling Anti Bokek (Edisi Ramadan 2019)

Tips Travelling Anti Bokek
Sumber foto: Pinterest

Nggak terasa ya bulan depan sudah memasuki bulan puasa. Dan yang ditunggu-tunggu semua orang makin dekat, yaitu Lebaran. Musim lebaran artinya musim liburan. Bagiku dan keluarga, mudik lebaran nggak boleh dilewatkan per tahunnya karena dalam satu tahun sekali bisa temu kangen dengan keluarga besar. Buat yang nggak mudik lebaran tapi mungkin punya rencana liburan juga tahun ini, aku mau share beberapa tips supaya liburan lebaran tetap terencana dan nggak over budget nih. Ada baiknya, kamu membuat semacam bullet journal tentang rencana liburan lebaranmu. Poin-poin yang biasa aku pakai sebagai acuan antara lain: 

Tips Merencanakan Liburan
Sumber foto: Pinterest

- Rencanakan kegiatan yang akan dilakukan 
Mudik ke kota kelahiran pasti nggak afdol kalau nggak jalan-jalan kan, apalagi yang niatnya memang untuk wisata. Untuk mencegah over budget, sebisa mungkin tentukan rencana kegiatanmu. Entah itu mengunjungi saudara aja, kuliner, wisata, atau kegiatan lainnya. 

- Rencanakan berapa lama waktu liburan 
Tentukan berapa lama kamu akan menghabiskan liburan. Semakin lama waktu liburanmu, biaya untuk menginap bertambah. Biaya menginap munculnya nggak hanya dari tempat menginap. Syukur kalau ada sanak saudara yang rumahnya bisa dibuat menginap. Kalau menginap di hotel/ villa dan sejenisnya, harus dipikirkan matang-matang berapa hari untuk menginap. Selain itu, biaya untuk makan sehari-hari dan transportasi kesana kemari juga perlu diperhatikan. 

- Siapkan dana untuk kebutuhan tak terduga
Siapa yang pernah mengalami kondisi dimana kamu atau keluarga tiba-tiba jatuh sakit sewaktu liburan atau kejadian lain diluar rencana yang mengharuskan kamu mengeluarkan biaya lebih? Alangkah baiknya kamu menyiapkan dana cadangan untuk kebutuhan tak terduga ini supaya ada pegangan uang simpanan saat liburan.

- Rencanakan transportasi yang akan dipakai. 
Jika semua faktor sudah diperhitungkan, sekarang waktunya menentukan kendaraan yang akan dipakai. Karena kota tujuanku masih didalam Pulau Jawa, aku lebih suka menggunakan transportasi darat. Bepergian dengan mobil pribadi sudah biasa jadi pilihanku untuk mudik. Tapi kadang-kadang aku merasa perjalanan naik mobil capeknya berkali-kali lipat. Belum tenaga terkuras untuk nyetir, beberapa jam sekali mampir ke rest area dan belum lagi macetnya jalanan membuat aku harus cari opsi kendaraan lain. Nah perjalanan menggunakan kereta api bisa jadi pilihan. 

Tiket Kereta Api Pegipegi
Sumber foto: Dokumen pribadi gadzotica.com

Bagi pengguna kereta api untuk mudik lebaran, pasti tahu sulitnya mencari tiket kereta api yang sesuai dengan tanggal keberangkatan yang dimau. Selain harus rajin-rajin cek tiket kereta dan jadwal kereta api, berebut tiket dengan pengguna kereta api lain sudah hal yang lumrah. Untuk menyiasati supaya nggak kehabisan tiket, lebih baik minimal 3 bulan sebelumnya harus sudah berburu tiket kereta supaya nggak kehabisan. Mengikuti perkembangan zaman, mendapatkan tiket kereta untuk liburan/lebaran makin mudah karena sekarang pesan tiket kereta api lebaran bisa dilakukan lewat online. Salah satunya lewat website Pegipegi. Lewat website Pegipegi, beli tiket kereta api makin mudah karena kita bisa mencari tiket kereta api dengan tujuan, jadwal, dan harga yang sesuai dengan budget kita. Nggak hanya bisa diakses lewat website, Pegipegi juga bisa diakses lewat aplikasi Smartphone. 

Karena di handphone-ku terpasang aplikasi Pegipegi, aku bisa cek jadwal kereta api, cek harga tiket kereta api bahkan beli tiket kereta api online langsung dari aplikasi. Fitur Pegipegi menunjukkan nama kereta, jenis kelas, durasi perjalanan, jadwal keberangkatan, serta perincian harga tiketnya (termasuk pajak atau belum). Selain itu, ada fitur pengurutan berdasarkan harga tiket atau jam keberangkatan/ kedatangan. Pegipegi bekerja sama dengan PT. Kereta Api Indonesia (PT.KAI) dan Railink, jadi nggak perlu khawatir untuk keamanan dan kenyamanan bepergian. Rute untuk setiap kelas ditulis lengkap, transaksi mudah dan bebas antre, dan mendukung berbagai macam metode pembayaran mulai dari ATM Transfer, Kartu Kredit, Internet Banking, bahkan bisa dibayar lewat minimarket seperti Alfamart dan Indomaret. 

Cara pesan tiket kereta api di Pegipegi sangat mudah. Tiket kereta bisa dicari di Pegipegi minimal 90 hari sebelum keberangkatan dan maksimal 3 jam sebelum keberangkatan. Setelah order tiket selesai, bayar tiket lewat metode pembayaran yang dipilih. Saat akan berangkat, tukar E-Ticket di mesin cetak tiket mandiri yang ada di stasiun. Setelah tiket dicetak, kamu bisa menikmati perjalanan dengan nyaman. Sekarang aku nggak pernah kesulitan lagi untuk beli tiket kereta api untuk mudik lebaran karena semua bisa kukendalikan lewat smartphone di tangan.


Kalau semua keperluan mudik lebaran/ liburan sudah terencana dengan matang, selanjutnya adalah persiapkan fisik kamu dan keluarga untuk berlibur bersama. Walau jaraknya masih lama, persiapkan kebutuhan liburanmu dari sekarang nggak ada salahnya supaya waktu liburan jadi lebih tenang. Kalau kamu, pilihan transportasi mudik/ liburan apa yang kamu pilih? Kiat-kiat apa saja yang biasa kamu gunakan untuk menyiapkan keperluan liburan? Semoga tips ini membantu dan bermanfaat untuk menyiapkan rencana mudik/ liburan kamu.


No comments:

Post a Comment

IBX599E7E87640F0

© Copyrighted and Designed by . All rights reserved.