12 Jun 2017

Tips Blogging Produktif Dengan Smartphone-mu

Blogging Dengan Smartphone
Di jaman yang serba ketergantungan dengan internet, peran blog di Indonesia makin meningkat. Di blog kita bisa menemukan banyak topik yang dibutuhkan, contohnya gadget, kuliner, beauty, lifestyle, fashion, parenting dan masih banyak lagi. Sebagai orang yang peduli dan hobby dengan dunia kecantikan/ beauty enthusiast, pengalaman dan apa saja yang kuketahui tentang dunia kecantikan aku tuangkan ke blog yang kalian baca ini dengan harapan kalian yang membaca bisa terbantu dengan informasi yang aku berikan. 

Menjadi beauty blogger susah-susah gampang. Butuh effort dan kerja keras untuk menjaga blogku tetap produktif dan konten yang kubuat bermanfaat bagi orang banyak. Namun, bagi beberapa orang masih bingung dan kesulitan untuk menjaga blognya tetap produktif. Aku punya beberapa tips untuk kalian yang ingin produktif di blog, antara lain:

     Kalau ada waktu senggang, nge-blog-lah     
Sesedikit apapun waktumu, entah 2 jam, bahkan 15 menit sekalipun usahakan tetap nge-blog. Satu kalimat atau 2 kalimat sangat berperan. Di sela-sela aku lagi nonton tv pun, kalau ada mood nulis aku langsung usahakan nge-blog.

     Menentukan daftar tema blog post yang akan dibuat     
Menentukan tema sebelum membuat post tentunya sangat penting. Disamping fokus dengan blog post yang akan diulas, kita juga bisa menghemat waktu pengerjaan blogpost karena ulasannya ga melebar. Kalau misal mau review produk, fokus pada review saja. 

     Menentukan garis besar blog post yang akan diulas     
Setelah menulis tema, garis besar yang akan diulas juga ga kalah penting. Misal mau mereview produk. Tentukan apa yang mau direview. Misal kemasan produknya, aromanya, teksturnya, kesan penggunaannya, dll. Dengan adanya garis besar, membuat post semakin mudah karena tau apa saja informasi yang harus dicari.

     Siapkan foto-foto yang diperlukan jauh-jauh hari     
Dibanding menulis blog post, menurutku menyiapkan foto adalah faktor utama yang membuat para blogger kesulitan. Karena untuk mendapatkan foto ideal ga boleh asal-asalan. Biasanya blogger terkendala di lighting, apalagi yang bergantung pada natural lighting (cahaya matahari). Cahaya matahari yang bisa berubah-rubah kadang membuat frustasi. Terutama bagi yang masih sekolah/kuliah/kerja pasti kehilangan cahaya matahari selama 5-6 hari (yang membuat struggle luar biasa). Manfaatkan weekend untuk mengambil foto. Kalau cahaya matahari sedang oke-okenya, ambillah foto sebanyak mungkin yang bisa dibuat stok untuk 2-3 post yang akan datang atau lebih.

     Usahakan alat blogging standby didekatmu     
Alat blogging bisa berupa apa saja. Bisa berupa elektronik maupun tulis. Kalau kalian biasa blogging dengan laptop dan ga keberatan bawa laptop, bawa aja. Untukku pribadi, aku lebih suka membawa notes kemana-mana untuk mencatat list-list dan keperluan bloggingku. Kalau ide blogging bagus tiba-tiba muncul bisa langsung dicatat. Baik ide, tema blog, garis besar blog, even jadwal deadline posting kutulis semua disitu. Kalau kalian punya kamera yang compact dan bisa dibawa kemana-mana, silahkan juga dibawa. Siapa tahu kalian bisa mendapatkan foto bagus untuk blog di tempat dan waktu yang ga terduga. 1 alat blogging yang ga boleh ketinggalan adalah smartphoneku. Kalau aku mood nulis atau deadline sudah mepet dan ga memungkinkan untuk buka laptop (laptop jauh dari kalian, ada dirumah misalnya), aku bisa langsung nulis di smartphone. 




Karena aku ga bisa standby dengan laptop dan kamera, aku cuma bisa mengandalkan notes dan smartphone. But believe me, bekal notes aja ga cukup. Seperti yang kubilang sebelumnya, kalau kejadiannya deadline posting mepet, ga mungkin kan aku lari-lari pulang atau cari warnet (plis deh..). Maka dari itu akhir-akhir ini aku sangat ketergantungan dengan smartphoneku. Aku bisa edit dan langsung publish post disana. Untuk menunjang aktifitas sehari-hari terutama blogging, aku harus cermat dalam memilih smartphone dan yang pas dengan kebutuhanku adalah smartphone OPPO F1s. 


Apa sih keunggulan OPPO F1s untuk blogging?

Mempunyai kamera depan 16 Mega Pixel dan kamera belakang 13 Mega Pixel

Blogging Dengan Smartphone
Blogging Dengan Smartphone
Bagi blogger, kamera itu penting banget. Apalagi saat event dan ribet bawa DSLR yang super berat. Cukup pakai smartphone, mau pakai selfie bareng temen pakai kamera depan atau kamera belakang ga susah lagi.


Punya layar 5.5 inci yang responsive

Layar 5.5 inchi ideal untuk penggunaan sehari-hari dan juga blogging. Layar yang responsive juga memudahkanku untuk blogging lewat smartphone.


Multitasking Lancar dan Mulus dengan RAM 3 GB

Multitasking cepat dan lancar sangat aku butuhkan karena aku sering membuka sosial media, email, browser, dan lain-lain dalam 1 waktu. Kadang aku barengi dengan gaming juga. Smartphone bebas lagging buat mood meningkat, jadi ga malas-malasan nulis blog di smartphone.


Kalau sudah punya smartphone idaman yang bisa menunjang semua aktivitas kalian, ga ada alasan lagi buat malas-malasan nge-blog. Kalau smartphone bisa dimanfaatkan, why not? Oya, smartphone OPPO di MatahariMall.com sedang diskon loh. Pilih smartphone yang sesuai keinginan, kebutuhan, dan juga budgetmu. Semoga tips ini bermanfaat dan semoga kalian bisa menjadi blogger yang lebih produktif kedepannya!

9 komentar:

  1. fotoonya kecee paraaah :D
    kayaknya aku haus ganti HP sih, kamera HPku tambah lama kok berasa ngga bagus ya kualitasnya :3r

    BalasHapus
  2. hapenya kece harganya juga kece :3 =D wkwk

    BalasHapus
  3. Tips ngeblognya oke banget, TFS:)...btw, keren hapenya ya, Mbak

    BalasHapus
  4. harganya hapenya kece mbaaak. belum kesampain belinya haha. btw, makasih tipsnya mbk. ayo tetap semangat ngeblog :)

    www.muthihaura.com

    BalasHapus
  5. ih keren memang ya hasil fotonya :)

    BalasHapus
  6. Hasil fotonya bagus; jernih dan terang. Ini pakai smartphone yang direkomen?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fotonya pakai device lain. Sekedar untuk ilustrasi aja ^^

      Hapus
  7. Noted tipsnya ya mbak. Makasih loh hehe. Hapenya kereeen, nunjang buat ngeblog.

    BalasHapus


© Copyrighted and Designed by . All rights reserved.