3 Nov 2020

Tips Memulai Blogging Di Tahun 2020

Tips Memulai Blogging
Sumber Foto : Lifewire 

Di era serba digital saat ini menjadikan masyarakat sangat terbiasa berinteraksi dengan internet. Untuk komunikasi sehari-hari, belanja, bekerja, belajar dan aktivitas lainnya semuanya sudah menggunakan platform digital. Penggunaan platform digital yang makin meluas memberikan peluang untuk generasi muda untuk berkembang terutama di tahun 2020 ini. Entah sekedar menyalurkan hobi, sharing, mengasah bakat, dan lain-lain. Terlebih di masa pandemi sekarang, banyak yang kemudian memilih untuk menjadi content creator. Walaupun jika dilihat banyak sekali yang membuat konten video, tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak juga yang memilih untuk membagikan konten berupa artikel lewat blog. Keingintahuan masyarakat tentang topik tertentu dan banyaknya informasi yang didapatkan dari sebuah artikel membuat blog masih digemari. Setelah bertahun-tahun berkecimpung di dunia blogger, aku merasakan banyak manfaat dari blogging seperti bisa mengembangkan skill, menambah wawasan, mendapatkan teman baru, dan bisa dijadikan side-job. Jadi saat pandemi datang, blogging yang awalnya cuma hobi sekarang bisa mendatangkan rejeki. Jika kamu terinspirasi ingin memulai blogging 2020, berikut ini aku sampaikan beberapa tipsnya: 


1. Tentukan topik/ niche blog. 
Poin ini sebenarnya simpel tapi cukup penting dalam blog karena berpengaruh ke minat membaca pengunjung blog. Sebelum memulai blog, lebih baik tentukan 1 niche supaya pembahasan artikel blog lebih fokus. Jika ingin lebih dari 1 niche, usahakan pilih yang berhubungan dengan niche utama. Misalnya blog bertema beauty masih bisa membahas tentang fashion dan lifestyle. Silahkan saja pakai niche beragam kalau memang kamu ingin, tapi pastikan artikelnya informatif supaya pembaca tertarik untuk kembali ke blog kamu. 

2. Jangan copy paste. Original is a must! 
Masalah copy paste sangat klise dan masih sering ditemui di dunia content creator. Selain tidak baik dalam pengindeksan Google, artikel yang copy paste akan menjatuhkan kredibilitas blog itu sendiri sehingga blog akan kehilangan kepercayaan pembaca. Jika artikel dibuat dengan tulisan yang original dan informatif, pembaca akan berpikir artikel kamu bermanfaat lebih dan berpeluang membuat blog kamu dikunjungi berulang-ulang. Originalitas bisa didapatkan dari berbagai macam aspek, seperti gaya menulis, poin-poin yang dibahas, gaya pengambilan foto pendukung, dan lain-lain. 

3. Gunakan properti yang kamu punya. 
Blogger harus punya peralatan mahal supaya blognya oke? Tidak juga. Kamu bisa memulai menjadi blogger dengan alat yang sudah kamu punya. Bisa dengan laptop atau smartphone yang biasa kamu gunakan. Tidak perlu peralatan mewah karena yang penting adalah cara penyampaian artikel dan foto pendukungnya jelas. Jadi jangan tergantung peralatan, mulai aja blogging dulu supaya tahu bagian mana yang perlu improvement. 

4. Konsisten dan sabar. 
Konsisten dan sabar merupakan hal yang paling sering dilupakan blogger saat baru memulai blogging. Kalau blog tidak konsisten update, pembaca jadi jarang mampir ke blog kamu karena tidak ada informasi baru yang bisa didapat. Aku sering menemukan blog yang tidak konsisten karena bloggernya kehilangan minat menulis, tidak tahu apa yang harus di-share, atau juga tidak sesuai dari target yang diinginkan di awal misalnya ingin dapat endorsement dan lain-lain. Blogging butuh proses dan waktunya tidak sebentar, terutama untuk kamu menginginkan mendapatkan penghasilan dari sana. Kalau kamu konsisten dan sabar, siapa tahu ada brand yang tertarik untuk mengajak kerja sama. 

5. Siapkan kuota internet sesuai dengan kebutuhan. 
Untuk dapat mengakses blog tentunya kamu butuh internet. Dibandingkan menggunakan Wifi publik, aku lebih nyaman memakai koneksi internet pribadi karena bisa diakses kapanpun dan dimanapun aku butuh. Selain untuk penggunaan aplikasi smartphone harian, aku juga memanfaatkan kuota internet smartphone untuk hotspot wifi ke laptop karena bagiku lebih mudah menavigasikan blog lewat laptop dibandingkan lewat smartphone. Apapun aktivitasmu yang memerlukan internet, gunakan paket internet dengan jumlah kuota dan budget yang sesuai dengan kebutuhan kamu. 


Internet bagi content creator sudah seperti kebutuhan primer. Tidak ada internet seperti tidak bernafas. Maka dari itu pemilihan provider dengan koneksi kuat dan kuota internet melimpah jadi sangat penting mengingat untuk menulis di blog bisa memakan waktu berjam-jam. Untuk menunjang aktivitas blogging, saat ini aku menggunakan provider 3 Indonesia. Sejak perubahan jaringan dari 3G menjadi 4G beberapa waktu lalu, aku merasa koneksinya makin stabil dan kencang karena 3 Indonesia sudah mendukung jaringan 4.5G Pro yang lebih luas dan kuat menjangkau kota-kota di Indonesia. Apalagi sekarang 3 Indonesia jadi lebih dengan menghadirkan Dunia Tri yaitu sebuah ekosistem lengkap yang membawa rangkaian produk terpadu untuk memenuhi kebutuhan digital lifestyle anak muda.

Dunia Tri

Paket Internet Tri
Sumber Foto : Bima+ 

Saat ini 3 Indonesia mempunyai beragam produk dengan kuota yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna dengan harga terjangkau. Semua paket internet yang mendukung aktivitas digital anak muda bisa ditemukan di Dunia Tri seperti kuota unlimited, kuota besar yang aktif selamanya (Always On), kuota data games online, streaming film dan masih banyak lagi. Untuk memudahkan pembelian paket internet, mengecek kuota dan pulsa, pengguna smartphone bisa mengakses aplikasi Bima+ yang bisa diunduh gratis di platform Android maupun iOS. Di Bima+ aku bisa mengontrol penggunaan internet untuk kebutuhan harian mengakses aplikasi smartphone sekaligus untuk keperluan blogging. 


Banyak hal yang harus diperhatikan ketika ingin beraktivitas sebagai blogger, namun bukan berarti hal itu membuat kamu jadi menunda-nunda untuk memulai blogging. Seperti yang aku bilang sebelumnya, tetapkan niat dan lakukan saja dulu karena hal-hal lain bisa disesuaikan kemudian. Apalagi ada 3 Indonesia yang mendukung blogging dan aktivitas digital lainnya. Semoga artikel ini memberikan wawasan tentang tips memulai blogging dan menginspirasi kamu ya. Tinggalkan dunia lama, ayo gabung dengan Dunia Tri dan selamat blogging! 

4 komentar:

  1. Makasih kak Gadis udah bagiin ilmunya jadi tertarik nih pengen terjun kedunia blogging

    BalasHapus
  2. Wihh kak Gadis ga pelit ilmu makasih kak udh sharing

    BalasHapus
  3. Wah iya nih! Tetep sabar kalau nggak ada yg koment atau pun yg visit haha itu yg paling utama. Maakasih info nya kak!!

    BalasHapus


© Copyrighted and Designed by . All rights reserved.