1 Mei 2020

5 Tips Saat Tidak Bisa Berobat Di Tengah Pandemi Corona

Sumber Foto: Google 

Hai hai. Bagaimana kabar kamu? Semoga dalam keadaan baik ya. Sudah sekitar 1 bulan ini aku melakukan work from home (WFH) dan sekarang kotaku Surabaya sudah melaksanakan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB). Makin lama dong dirumahnya? Syukurnya aku anaknya memang betah dirumah. Selalu ada aja hal yang bisa kulakukan, salah satunya nulis blog post ini untuk kalian baca. Berkumpul bersama keluarga jadi makin seneng. Aku tidak akan stress dirumah walaupun sebenarnya kangen juga sama sanak saudara, temen-temen, dan nge-mall tentunya. Kalau kamu bagaimana? Apa saja kegiatanmu dirumah? Memang kebijakan PSBB yang diambil pemerintah ini adalah langkah yang pengaruhnya cukup ekstrim. Masyarakat berusaha keras menyesuaikan kegiatannya sesuai aturan untuk menekan meluasnya wabah. Bagiku sejauh ini tidak ada sesuatu yang memerlukan perubahan besar, kecuali 1 hal yaitu pembatasan ke klinik/ puskesmas/ rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan. 

Jadi ceritanya beberapa waktu lalu Ayahku mau berobat ke puskesmas untuk memeriksakan keluhan giginya. Ayahku datang jauh-jauh kesana dan ternyata tutup. Tidak jauh berbeda dengan beliau, aku baru saja mengalami hal yang sama. Akhir-akhir ini aku mengalami keluhan di telinga. Sebenarnya keluhan telinga ini bukan hal yang asing buatku karena aku sering mengalami keluhan yang sama sejak duduk di bangku kuliah. Bukan keluhan tidak bisa mendengar melainkan lebih ke rasa cekot-cekot yang tidak berhenti-berhenti di area lubang telinga. Biasanya kalau mengalami ini aku akan langsung berangkat ke praktek dokter THT terdekat untuk berobat. Dokter THT ini buka klinik di rumahnya dan prakteknya mulai jam 21.00 malam karena beliau baru datang dari praktek di rumah sakit. Mau tidak mau aturan PSBB ini berimbas ke tutupnya praktek dokter THT tersebut. Aku juga sempat tahu dari internet kalau ada larangan untuk ke berobat ke spesialis gigi dan THT selama pandemi Corona. Alhasil aku meringis karena tidak tau harus berobat kemana. Apa kamu pernah mengalami kesulitan untuk berobat juga? Lalu apa yang harus dilakukan? Berikut ini adalah 5 tips dari aku ketika menghadapi kondisi tidak bisa berobat di tengah pandemi Corona. 


Hindari mendiagnosis sendiri 

Kalau lagi sakit, tidak jarang kita mendiagnosis sendiri sakit apa dan obatnya apa padahal belum tentu benar. Mendiagnosis sendiri menurutku adalah hal yang fatal untuk dilakukan terutama jika kamu bukan dokter dan tidak mengetahui tentang obat-obatan. Kalau sekedar batuk, pilek, atau pusing banyak obat generik yang dijual di apotek hingga minimarket. Namun jika keluhanmu bukan sesuatu yang umum dialami, jangan coba-coba meminum obat tanpa resep dokter. Resikonya bisa jadi sangat tinggi jika meminum obat yang salah. Sudah buang uang, kesehatan jadi taruhannya loh. 


Hindari membaca artikel kesehatan yang tidak jelas sumbernya 

Banyak artikel mengenai kesehatan yang bisa ditemukan di internet mulai dari info penyakit hingga tips penyembuhan baik dengan obat maupun alamiah. Namun kamu tidak bisa percaya 100% karena artikel tersebut belum tentu jelas sumbernya dan belum tentu ditulis oleh ahlinya. Kadang kita malah jadi bingung info yang dibaca itu benar atau hoax. Lebih baik kurangi mengonsumsi artikel kesehatan yang tidak jelas sumbernya agar tidak semakin panik dan stress. 


Makan makanan sehat dan tidur yang cukup 

Semasa pandemi ini kita harus menjaga badan dengan menjaga pola makan, asupan makanan dan tidur yang cukup. Hal-hal tersebut juga bisa berpengaruh ke kecepatan pemulihan badan jika mengalami sakit. 

Baca juga: 


Manfaatkan website/ aplikasi berobat online 

Kalau tidak darurat, coba lakukan konsultasi berobat online untuk mengurangi resiko penyebaran penyakit. Seperti ceritaku kalau aku tidak bisa berobat karena PSSBB, website/ aplikasi berobat online sangat membantu. Kita bisa berkonsultasi, mendapatkan penanganan dan resep obat dari dokter tanpa harus mengunjungi klinik/ rumah sakit. 


Jika darurat, pergilah ke rumah sakit

Kalau keluhanmu sudah tidak bisa ditahan lagi atau butuh penanganan serius, pergilah ke rumah sakit. Dalam masa pandemi ini pasti regulasi berobat di rumah sakit menjadi lebih ketat. Bersabar dan coba ikuti petunjuk cara berobat dari petugas rumah sakit terkait. 



Ngomong-ngomong soal website/ aplikasi berobat online, aku suka membaca info kesehatan di Halodoc. Disana kita bisa membaca artikel kesehatan yang akurat dan konsultasi secara online dengan dokter-dokter pilihan tersertifikasi yang tergabung di website tersebut. Fitur yang ada cukup lengkap. Konsultasi online bisa dilakukan lewat fitur voice, video call maupun chat personal dengan dokter umum atau dokter spesialis yang kita inginkan. Poin plus dari Halodoc, data list dokter, lokasi praktek rumah sakit dan pengalaman bekerjanya diperlihatkan di website supaya lebih transparan ke pasien. Selain itu, kita bisa membeli obat, membuat janji temu dengan dokter di rumah sakit dan bisa meminta layanan pemeriksaan lab ke rumah yang bekerja sama dengan Laboratorium Prodia. Semua layanan kesehatan dicakup oleh Halodoc tanpa harus keluar rumah. Saat ini Halodoc bisa diakses melalui website dan aplikasi smartphone. 

Saat ini kita dilanda kepanikan gara-gara virus Corona karena kita benar-benar buta tentang virus ini, apalagi virus Corona merupakan virus baru dan masih belum ditemukan obatnya. Banyak pertanyaan yang timbul di benak tentang ciri-ciri virus Corona, penyebabnya, bagaimana penanganannya dan masih banyak lagi. Saat ini Halodoc menyediakan layanan rapid test COVID-19 atau Corona. Jika kamu ingin cek rapid test COVID-19 atau membutuhkan penanganan lain mengenai virus Corona, kamu bisa cek di website/ aplikasi Halodoc untuk info lebih lanjut. 


Dengan memanfaatkan website/ aplikasi berobat online, kita bisa terhindar dari resiko penyebaran virus Corona dan penyakit lain serta bisa mematuhi aturan pemerintah dengan baik. Tidak terbatas dalam masa pandemi ini saja. Jika situasi sudah kembali pulih, kita juga bisa memanfaatkan website/ aplikasi berobat online sehingga lebih praktis. Untuk kalian yang tidak bisa berobat di tengah pandemi Corona, tetap sabar dan jangan panik. Semoga tips dari aku membantu ya. Semoga pandemi Corona ini cepat berakhir dan situasi kembali normal. Stay safe, kawan. 


17 komentar:

  1. Terimakasih kak Gadis, tipsnya sangat bermanfaat πŸ™. Semoga keadaannya semakin membaik ya kak! Stay safe and healthy too 😍

    BalasHapus
  2. Tips dan sarannya sangat ngebantu nih ♥️

    BalasHapus
  3. semoga akan membaik ,tips nya berguna kak gadis thx 😊

    BalasHapus
  4. Wahhh tips dan saran nya sangat bermanfaat πŸ™

    BalasHapus
  5. Aww..makasih tipsnya❤❤

    BalasHapus
  6. thank u kaka buat tips dan sarannya bermanfaat bangett

    BalasHapus
  7. wah ka tipsnya sangat bermanfaat😍😍 bener sih kaa kalo sakit baca” google malah makin dipikirin.. dan malah jd ga sembuh” kaa.. soalnya aku jg gituu.. sakit searching google malah mikir yg aneh” takut kenapa” πŸ˜‚
    Ig : @jenzloo

    BalasHapus
  8. bermanfaat bgt kakak gadiz ilmuuu btw pamdemi gini blom berakhir kan jd infonyaaa sangat membantu πŸ˜—πŸ˜—πŸ˜—

    BalasHapus
  9. Bermanfaat banget ini tipsnya makasih kak gadis 😍 stay safe, stay healthy ya kak πŸ’–

    BalasHapus
  10. Terima kasih banyak kak ❤ Tips dan infonya bermanfaat banget buat aku, stay safe juga ❤

    IG ku: devaniacia

    BalasHapus
  11. Terimakasih banyak atas tips dan informasinya kak. Sangat bermanfaat sekali ❤️
    Ig: @umi.saidah_06

    BalasHapus
  12. Thanks ka tipsnya,bermanfaat bgt ka😍

    BalasHapus
  13. Thanks ka tipsnya,bermanfaat bgt ka😍
    Ig:ita_p73

    BalasHapus
  14. Waahhh bermanfaat bangett ini πŸ’• terimakasih banyak tipsnya ka gadis πŸ‘πŸ˜Š
    Ig : _nekomiaw

    BalasHapus
  15. Tips yg sangat amat bergunaaa πŸ₯Ί,,mkshhh tipsnya kak,, semoga kita semua selalu sehatt,,
    @devip_skr.arm

    BalasHapus
  16. Yaampun ini bermanfaat banget kak kadang kalo lagi sakit paling diobatin pake obat warung saking was was nya ke rumah sakitπŸ₯Ί makasih ya kak tips nya πŸ€—πŸ€—

    BalasHapus


© Copyrighted and Designed by . All rights reserved.