Dec 4, 2017

Blog 101 - Ide Foto Produk Menggunakan Hiasan Dinding

Ide Styling Foto Produk
Sebagai influencer, kita dituntut untuk minimal tahu tentang fotografi karena foto adalah aspek paling penting agar pembaca tertarik dan mau melihat ulasan yang kita buat. Ga terbatas di blog saja, coba lihat deh Instagram. Disana lebih banyak lagi influencer yang bersaing memamerkan foto terbaik mereka. Selain OOTD (Outfit Of The Day) dan FOTD (Face Of The Day), foto yang sering diposting dan diminati sekarang ini adalah foto produk. Dibandingkan OOTD dan FOTD, menurutku foto produk kesulitannya lebih tinggi karena kita harus pintar-pintar mengatur angle dan layout foto agar produk yang difoto enak dilihat. Kata kids jaman now, sekarang ini jamannya foto flatlay (angle dari atas, sudut 0 derajat). Di Instagram rame banget kan foto flatlay, malah ada banyak akun yang koleksi fotonya flatlay semua. Sebenernya foto produk yang menarik ga melulu harus flatlay loh. Ada kalanya pembaca bosan melihat kita terus menerus upload foto flatlay. Jangankan pembaca, kita yang ambil fotonya saja bosan. Selain flatlay, kadang perlu juga pengambilan foto dari angle berbeda. Foto bisa diambil dari 45, 60 atau 90 derajat. Standar angle sudah ada, tapi sering ga sih kamu masih merasa kesulitan mencari ide penataan untuk pengambilan foto produk? Kesulitan muncul kalau layout atau aksesori pendukungnya sama melulu. Pakai bunga? Bolpoin? manik-manik? Lama-lama bosen juga. Kalau bosen sama aksesori atau barang-barang yang sering digunakan untuk dekorasi, kita juga bisa menggunakan barang lain seperti alat-alat tulis, pita, smartphone, bahkan hiasan dinding sebagai pemanis foto produk loh. Dekorasi foto pakai hiasan dinding? Gimana tuh? Nah, berikut ini aku share ide styling foto produk yang bisa kamu contoh menggunakan hiasan dinding. 


     Hiasan Dinding Sebagai Background Dengan Efek Bokeh     

Ide Styling Foto Produk
Source : Pinterest 

Hiasan dinding seperti lukisan cocok banget jadi background foto produk dengan efek bokeh (blur). Kalau dindingmu ada hiasan wallpaper lebih oke lagi. Atur jarak background dengan produk yang akan difoto. Kalau ukuran lukisannya besar, produk bisa diletakkan agak jauh kemudian atur fokus kamera ke produk yang akan difoto. Dan voila! Hiasan dinding dan apapun yang ada dibelakang produk akan muncul dengan efek bokeh. Selain fokusnya tetap di produk, hiasan dinding bisa mempermanis foto. Apapun jenis kamera dan lensanya, asalkan fokusnya ke produk yang di-highlight dan jaraknya jauh dari background kamu bisa kok menghasilkan foto dengan teknik ini. Untuk ketajaman bokeh-nya, kamu bisa atur dari setting kamera yang kamu punya. Bahkan smartphone yang sekarang ini beredar di pasaran sudah mendukung fitur bokeh



     Hiasan Dinding Sebagai Fokus Sekunder     

Ide Styling Foto Produk
Source : Pinterest 

Punya lukisan atau hiasan dinding yang dipunya ukurannya kecil? Kalau memakai tips sebelumnya, mungkin akan terasa sedikit kesulitan. Cara menyiasatinya adalah letakkan saja hiasan dinding didekat produk yang akan difoto. Fokus utamanya tetap di produk yang ada di depan, tapi kita tetap tertarik untuk melihat aksesori lain disekitar produk yang di-highlight. Dengan begitu foto produk ga terlihat membosankan. 


     Hiasan Dinding Untuk Foto Flatlay? Jadikan Alas Aja!    

Ide Styling Foto Produk
Source : Pinterest 

Kamu pecinta flatlay? Buat penggemar foto flatlay, tips yang satu ini ga boleh kelewatan nih. Pakai saja picture frame atau pigura yang kamu punya. Lepas kacanya dari frame dan hias alasnya. Kamu bisa tempelkan kertas bermotif kesukaan kamu disitu atau warnai alas foto di pigura dengan cat. Kamu bisa pakai pigura dari bahan apapun. Kalau mau di-customize warna piguranya, lebih baik pilih dari bahan kayu supaya gampang diwarnai. Sesuaikan model, ukuran, bahan dan warna pigura sesuai selera kamu. Letakkan produk yang mau difoto di dalam area piguranya. Produk yang akan difoto juga makin menarik perhatian karena batas dari pigura. Mudah, cepat dan simpel kan? 



     Punya Rak Dinding? Manfaatkan!     

Ide Styling Foto Produk
Source : Pinterest 

Hiasan dinding ga cuma pigura, lukisan, dan sejenisnya loh. Rak dinding termasuk hiasan dinding juga. Nah, sekarang kan lagi trend banget nih rak dinding yang simple dan minimalis. Kalau punya, manfaatkan saja. Letakkan produk yang akan difoto di rak, kemudian ambil fotonya dengan angle yang pas agar fokusnya tertuju di produk. Ga harus kelihatan raknya, kamu bisa zoom lensa kamera kamu ke produknya saja. Model rak yang kamu punya bagus dan ingin dipamerkan? Silahkan difoto sekalian sebagai pemanis dekorasi. 


Nah itu dia cara styling foto menggunakan hiasan dinding yang bisa ku-share. Ide foto bisa didapat dari mana saja, termasuk hiasan dinding. Apapun gaya foto produk yang kamu terapkan, usahakan semuanya punya cahaya yang cukup agar foto terlihat lebih menawan. Ngomong-ngomong soal hiasan dinding, kamu bisa cari berbagai jenis dan harga hiasan dinding yang bisa kamu pakai untuk styling foto di Matahari Mall loh. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa jadi referensi kamu untuk ide mengambil foto produk ya. Selamat mencoba!


4 comments:

  1. Wah, keren mbak, banyak inspirasi ne setelah baca tulisan ini. Thaks ya mbak tips nya.

    ReplyDelete
  2. Wah menarik idenya! Noted deh :)
    Aku paling suka pakai efek bokeh, tapi paling payah kalau harus foto flatlay ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga masih belajar-belajar bikin flatlay kok.
      Semoga tipsnya menginspirasi yaa

      Delete

IBX599E7E87640F0

© Copyrighted and Designed by . All rights reserved.