17 Sep 2020

Tips Beraktivitas Di Luar Rumah Dengan Aman Saat Pandemi

Tips Beraktivitas Di Luar Rumah Dengan Aman Saat Pandemi
Sumber gambar: Google

Hai semuanya~. Apa kabar? Semoga kalian dalam keadaan sehat-sehat semua ya. Kita semua nggak pernah menyangka kalau pandemi ini akan berlangsung cukup lama dan mempengaruhi setiap aspek dalam kehidupan. Bagai kembali ke titik 0, kita dituntut untuk beradaptasi dalam segala keterbatasan. Walaupun sekarang ini kita dianjurkan untuk berada dirumah, ada kalanya terdapat kondisi yang mengharuskan untuk beraktivitas di luar rumah seperti mencari makanan atau bekerja. Nggak jarang perasaan kita campur aduk antara memenuhi kebutuhan hidup dan kekhawatiran akan COVID-19. Nah kalau kalian terpaksa beraktivitas di luar rumah, tips-tips berikut ini bisa diikuti: 


Selalu kenakan masker
Seperti protokol kesehatan yang kita tahu, saat keluar rumah kita harus memakai masker. Jika beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama, gunakan masker yang proper untuk menyaring virus seperti masker medis. Jangan sekedar pakai masker yang kelihatan indah dilihat saja, pemilihan masker yang dipakai bisa berbeda tergantung tingkat penularan wilayah, kondisi tubuh dan aktivitasnya. Kamu bisa baca-baca referensi di internet tentang rekomendasi masker yang dipakai saat pandemi. 

Sering cuci tangan dan selalu bawa hand sanitizer di tas
Sering cuci tangan dengan air dan sabun sangat dianjurkan. Namun saat berada di lingkungan yang sulit menemukan akses untuk mencuci tangan dengan air maka gunakanlah hand sanitizer. Selalu sediakan hand sanitizer, tissue basah dan perlengkapan sanitasi lainnya di dalam tas agar sewaktu-waktu bisa dipakai terutama di luar ruangan yang berpeluang terpaksa menyentuh sesuatu. 

Membawa alat makan minum sendiri
Selain hand sanitizer, ada baiknya untuk membawa alat makan minum sendiri seperti sendok, garpu, sedotan stainless dan lain-lain. Walaupun sekarang muncul kebijakan yang melarang untuk makan/ minum di tempat (dine-in), nggak ada salahnya siap sedia peralatan makan minum di tas. Apalagi yang harus bepergian jauh dan ingin makan/ minum di tengah perjalanan. Langkah ini bisa meminimalisir penularan karena peralatan yang dipakai nggak tercampur dengan droplet orang lain. 

Segera ganti pakaian dan mandi saat sampai dirumah
Saat sampai dirumah segerakan untuk mengganti pakaian dan mandi untuk menghilangkan kuman dan virus yang mungkin terbawa dari luar ruangan. Lebih efektif lagi jika diikuti dengan keramas supaya kuman dan virus yang mungkin ada di rambut juga ikut hilang. 

Jaga pola makan dan pola tidur yang baik
Tujuan dari menjaga pola makan dan pola tidur adalah menjaga imunitas tubuh tetap baik. Virus nggak akan mudah menyerang jika tubuh dalam kondisi bugar. Jika perlu, konsumsi vitamin supaya nggak gampang sakit. Di saat pandemi seperti ini akses untuk berobat secara langsung jadi terbatas karena resikonya tinggi. Maka dari itu jaga kesehatan tubuh agar nggak drop saat akan keluar rumah. 

Lakukanlah swab test untuk memastikan kesehatanmu
Jika sering melakukan kegiatan di luar rumah, ada kalanya kita khawatir tentang kondisi tubuh mengingat nggak semua orang yang positif COVID-19 memiliki gejala. Terutama jika wilayah yang ditinggali/ dikunjungi termasuk dalam zona rawan, atau tujuan bepergian ada di kota lain (jarak jauh). Lakukanlah swab test setidaknya sebelum dan sesudah bepergian. Dibandingkan rapid test, swab test lebih ampuh mendeteksi COVID-19 karena menggunakan sampel lendir. 



Ngomong-ngomong tentang swab test, sekarang pemerintah makin mempermudah masyarakat untuk melakukan layanan tersebut. Banyak tempat yang menyediakan layanan swab test terutama di wilayah dengan kasus penularan COVID-19 cukup banyak. Namun untuk mencari info layanan swab test nggak mungkin untuk berkeliling ke rumah sakit satu per satu mengingat kondisinya nggak memungkinkan. Bahkan beberapa wilayah masih memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Di saat seperti sekarang ini konsultasi kesehatan seperti Halodoc sangat berperan penting. 

Halodoc
PCR Swab Test Jakarta
Halodoc mempunyai fitur untuk membantu pencarian dokter spesialis, konsultasi dengan dokter spesialis, membeli obat, serta melakukan pemeriksaan laboratorium tanpa harus bertatap muka. Di kondisi pandemi ini, Halodoc juga menyediakan fitur pencarian tempat yang menyediakan layanan swab test. Untuk wilayah dengan kasus COVID-19 cukup banyak seperti Jakarta, banyak yang melayani PCR Swab Test Jakarta dengan sistem mengunjungi tempat swab test, drive thru dan ada juga yang bisa dipanggil kerumah. Kita bisa memilih sistem PCR swab test paling nyaman, harga dan waktu hasil tes yang paling sesuai dengan kebutuhan. Fitur layanan kesehatan di Halodoc meliputi seluruh daerah di Indonesia, jadi yang tinggal di luar Jakarta pun bisa mendapatkan info pelayanan kesehatan termasuk PCR Swab Test. 



Demikian tips-tips beraktivitas di luar rumah dengan aman saat pandemi. Aku juga share sedikit tentang layanan kesehatan online yang bisa kalian akses agar tetap bisa mendapatkan layanan kesehatan tanpa harus mengunjungi klinik/ puskesmas/ rumah sakit terutama dalam masa PSBB. Aku harap artikel yang aku tulis ini bermanfaat untuk kalian ya. Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan secepatnya bisa beraktivitas dengan normal kembali. Stay safe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


© Copyrighted and Designed by . All rights reserved.