25 Jun 2023

Mengenal Skinproof, Membantu Konsumen Dalam Memilih Produk Kecantikan Sesuai Permasalahan Kulit


Hai beauty enthusiast! Pernah nggak sih kamu mengalami kesulitan menemukan produk kulit yang tepat sesuai kebutuhan kulitmu? Kalau pernah, berarti kita satu team. Dulu waktu aku awal-awal tertarik ke dunia kecantikan, produk yang paling menarik perhatianku adalah produk skincare. Gimana nggak, siapa sih yang nggak kepengen kulitnya bagus, mulus, dan bersih tanpa noda. Karena nggak ngerti permasalahan kulit sendiri, aku cenderung mencari produk kecantikan yang sesuai dengan keinginanku bukan kebutuhan kulitku. Kalau ada iklan atau produk yang direview influencer yang membuatku kepo, aku pasti akan langsung coba tanpa memperhatikan kandungan dan klaimnya seperti apa. Kalau produk itu sedang viral pasti akan kucoba. Walaupun produk tersebut hanya memberikan klaim general dan tanpa ingredients utama yang jelas. Hanya sekedar kepo aku nekat mencoba. Ini sebenarnya salah besar sih. Bukan memperbaiki permasalahan kulit yang ada malah memperparah kondisi kulit. Dan klimaksnya adalah kecerobohanku memakai produk yang hanya mengandalkan dari testimoni di internet sampai berimbas ke kondisi kulitku yang awalnya normal jadi sensitif. Dari kesalahan dan kecerobohan itulah aku jadi selektif dalam memilih produk kecantikan.

Usahaku yang selektif dalam memilih produk kecantikan ternyata prosesnya susah-susah gampang. Aku harus baca satu persatu ingredients yang terkandung di dalamnya dan harus teliti mencari keunggulan produk. Beberapa tahun belakangan aku notice kalau produk-produk kecantikan sekarang banyak yang sudah memberikan klaim jelas dan info kandungan utama yang menjadi hero ingredientsnya. Setelah kucari tahu, ternyata produk-produk tersebut sudah dievaluasi oleh Skinproof. Kalau kamu baru mendengar nama Skinproof, aku bantu jelaskan sedikit.


Apa itu Skinproof?





Skinproof merupakan anak perusahaan Arya Noble yang bergerak di bidang evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen. Berdiri sejak 2017, Skinproof telah melayani berbagai perusahaan kosmetik ternama dalam hal consumer insight, cosmetic claim support, sensory research hingga konsultasi dan layanan regulasi. Didukung oleh tenaga ahli di bidangnya dan lebih dari 8.000 panelis di kota-kota besar di Indonesia, Skinproof terus berupaya untuk menginovasi dan memberikan solusi dalam pengembangan produk kosmetik, memberikan dukungan holistik kepada klien Skinproof, dan mengedukasi konsumen mengenai keamanan dan efektifitas produk secara netral dan independen.


Berdasarkan kutipan narasumber pada press release, Theresia Sinandang, Head of Skinproof, menjelaskan bahwa klaim produk dapat menjadi alat yang efektif untuk membedakan merek dan menarik perhatian konsumen. Namun, penting untuk memastikan bahwa klaim produk tersebut dapat dibuktikan secara ilmiah karena klaim produk harus digunakan dengan hati-hati dan transparan untuk membangun kepercayaan konsumen. Beliau juga menjelaskan bahwa dalam memilih produk kosmetik yang tepat, pertama-tama konsumen perlu mengetahui hal yang sangat mendasar, yaitu kondisi dan permasalahan kulit masing-masing. Selain itu, konsumen perlu berhati-hari terhadap klaim produk yang terlalu menjanjikan serta membiasakan untuk membaca label produk dengan seksama.

Lalu apa manfaat Skinproof untuk konsumen? 


Pada dasarnya Skinproof ada untuk membantu produsen kecantikan untuk membuat klaim produk yang kredibel dan dipastikan teruji klinis. Namun yang terpenting adalah Skinproof bantu konsumen dalam memilih produk kosmetik sesuai kebutuhan. Klaim dan active ingredients yang menjadi keunggulan produk dijelaskan lebih terfokus dalam label. Walaupun tetap butuh trial and error dalam mencoba suatu produk karena kondisi kulit orang masing-masing berbeda, setidaknya resiko breakout akan bisa lebih diminimalisir karena konsumen sudah dipermudah untuk memilih produk sesuai kebutuhan kulit berdasarkan klaim produk tersebut.

Selain itu waktu aku mampir ke Instagram Skinproof, mereka sering membuka project panelis untuk mereview produk yang sedang diuji oleh Skinproof. Nggak jarang mereka memberikan kompensasi untuk kesertaan menjadi panelis. Menurutku programnya menarik terutama untuk yang sedang mencari produk yang tepat atau bahkan mencari tahu permasalahan kulit karena ada konsultasi juga selama mencoba produk. Boleh dicoba banget tuh.

Untukku yang punya kulit sensitif, Skinproof sangat berperan penting. Berhubung aku sudah mengenali permasalahan kulitku seperti apa dan kulitku butuh ingredients apa, aku jadi lebih mudah memilih produk. Misalnya permasalahan kulitku yang kusam, aku tinggal cari produk yang menyebutkan mengandung Niacinamide, Vitamin C atau yang klaimnya bisa mencerahkan kulit. Jadi jangan tergoda produk karena viral semata ya. Sesuaikan juga dengan kebutuhan kulitmu. Aku harap kamu bisa terbantu dan bisa menemukan produk yang tepat buat kamu ya.



Untuk Informasi/Product Knowledge SKINPROOF kunjungi

website official SKINPROOF

Instagram Skinproof

Instagram AryaNobleLIfe


Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This



Sociabuzz Tribe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


© Copyrighted and Designed by . All rights reserved.