24 Jun 2023

Review Scarlett Niacinamide 5% Serum dan Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

Review Scarlett Whitening Niacinamide 5% Serum, Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

Halo halo bestiee~~. Balik lagi nih dengan review baru. Kali ini aku mau bahas produk serum yang efektif memenuhi concern kulitku sekarang ini. Produknya yaitu Scarlett Whitening Niacinamide 5% Serum dan Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum. Aku suka banget sama produk-produknya Scarlett dan 2 serum ini baru sempat aku cobain. Niacinamide memang ingredients favorit aku karena membuat kulit wajah cerah ditambah Ceramide yang bermanfaat memperbaiki skin barrier. Sedangkan Retinol digadang-gadang jadi best active ingredients untuk menghaluskan tesktur kulit dan mengecilkan pori-pori. Paket lengkap sudah. Tepat semua ke permasalahan kulitku. Aku cobain lah 2 produk ini dan aku pakai gantian selama 2 minggu. Penasaran nggak sama performa serum-serum ini? Baca sampai habis ya karena review ini bakal kupas tuntas performa beserta foto before afternya.


SCARLETT WHITENING NIACINAMIDE 5% SERUM Scarlett Niacinamide Serum

INFO PRODUK

KANDUNGAN UTAMA

Beta Glucan
Melindungi kulit dair penuaan dini disebabkan efek buruk sinar UV
Niacinamide 5%
Merawat skin barrier, mencerahkan kulit secara merata, menyamarkan noda gelap pada kulit wajah
Creatine
Menyejukkan dan melembapkan kulit
Allantoin
Melembapkan dan membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan
Triple Ceramide Complex
Melembapkan kulit dan membantu merawat kekencangan kulit

FUNGSI

Membantu merawat Skin Barrier dan mencerahkan kulit wajah

CARA PAKAI

Teteskan serum secara merata pada wajah dan pijat perlahan.
Biarkan meresap sebelum menggunakan tahapan skincare berikutnya.
Digunakan di pagi dan malam hari.

NETTO

15 ml

NOMOR BPOM

NA 18211903259

HARGA

IDR 75.000

Review Scarlett Niacinamide Serum

KEMASAN

Scarlett Whitening Niacinamide 5% Serum dikemas dalam botol berbahan kaca doff (frosted glass). Dari dulu aku suka dengan kemasan serum Scarlett karena walaupun bahannya kaca tapi tebal dan tahan banting. Tetap bisa pecah sih tapi nggak serentan itu. Ukurannya 15 ml, cukup kecil memang tapi positifnya kemasanannya jadi travel friendly. Aplikatornya berupa pipet yang ukurannya juga ikut mini. Tapi pipetnya masih enak kok untuk menakar produknya. Masih pas ukurannya di tangan.

Melihat label kemasannya, info produk yang dicantumkan cukup jelas dan simpel. Poin-poin utama dari info produk yang perlu dibaca pengguna langsung disampaikan dengan jelas. Menurutku poin plus banget karena kita juga nggak mungkin baca keterangan produk sebanyak itu apalagi yang tulisannya sampai seukuran kutu. Kemudian warna labelnya dominan banget warna ungunya sampai bisa dijadikan warna identitas. Begitu lihat di meja rias auto ambil botol ungu tanpa harus baca nama produknya.

Oya ada 1 hal yang sepertinya remeh tapi perlu kamu tahu, yaitu garis silver di bawah hologram itu penanda kalau produknya asli ya. Di box kemasan juga ada stiker hologram penanda keaslian produknya. Cuma aku nggak foto. Fyi, serumnya juga datang dalam keadaan disegel plastik. Untuk amannya sih better beli dari Official Store Scarlett di Shopee atau Tiktok karena sudah dipastikan keasliannya.

Review Scarlett Niacinamide 5% Serum
Tekstur Scarlett Niacinamide 5% Serum

TEKSTUR, WARNA DAN AROMA

Scarlett Whitening Niacinamide 5% Serum punya tekstur agak kental tapi masih terlihat encer kalau di swatch seperti foto diatas. Warna produknya di pipet kelihatan agak keruh tapi kalau di-swatch warnanya jadi bening. Terus aromanya sekilas tercium aroma citrusy segar gitu. Tapi waktu pengaplikasian aromanya nggak kecium sih. Aman lah untuk yang penciumannya sensitif.

KESAN PEMAKAIAN

Biasanya aku pakai Scarlett Whitening Niacinamide 5% Serum setiap hari di pagi dan malam hari dengan takaran 3 tetes untuk seluruh wajah. Waktu diaplikasikan formulanya gampang meresap dan nyaman di kulit. Nggak ada rasa perih, panas, atau gejala negatif lainnya. Awal-awal setelah meresap kulit terasa lembap dan plump. Nanti setelah agak beberapa lama rasanya jadi normal dan kesan lembap plumpnya hilang. Menurutku serum ini kesan melembapkannya ringan jadi butuh moisturizer lagi di atasnya kalau diperlukan. Pas dipakai under makeup juga masih aman dan somehow makeupku jadi kelihatan lebih glowing like 2nd skin padahal tekstur makeupku finishnya matte. Cantik banget kulitku jadinya.


SCARLETT SKIN SMOOTHING RETINOL SERUM

Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum

INFO PRODUK

KANDUNGAN UTAMA

Encapsulated Retinol
Menyamarkan garis-garis halus, membantu mengangkat sel kulit mati, merawat kekencangan kulit
Pomegranate Extract
Membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV dan membantu melawan bakteri penyebab jerawat
Hexapeptide-8
Membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini, membantu menghidrasi kulit, dan membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan
Allantoin
Membantu menghidrasi kulit dan menghaluskan kulit

FUNGSI

Membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini serta membantu menhidrasi kulit wajah
Membantu menghaluskan kulit

CARA PAKAI

Teteskan serum secara merata pada wajah dan pijat perlahan.
Biarkan meresap sebelum menggunakan tahapan skincare berikutnya.
Digunakan seminggu 3x pada malam hari
(Tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui)

NETTO

15 ml

NOMOR BPOM

NA 18210100520

HARGA

IDR 75.000

Review Scarlett Retinol Serum

KEMASAN

Kemasan Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum nggak jauh beda dengan Scarlett Whitening Niacinamide 5% Serum. Botolnya serupa dengan isi 15 ml. Yang membedakan yaitu warna labelnya. Untuk Retinol serum warna identitasnya torquise dan putih. Warnanya membuat aku lupa dengan sifat ingredient Retinol yang “keras”. Lihat kemasannya kelihatan seger jadi auto pengen pakai.

Ngomongin soal ingredients, di label bagian “Contains Active Ingredients” ada bahan Vitamin C. Buat kamu yang sebelumnya punya info tentang Retinol, pasti tahu kalau Retinol pantangannya ketemu Vitamin C ya kan. Nah di Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum, ingredient Vitamin C ditaruh paling akhir. Artinya kadar kandungan Vitamin C di serum ini sangat kecil sehingga aman digabungkan dengan Retinol. Setahuku baru produk ini sih yang berani menggabungkan Retinol dan Vitamin C di dalam 1 serum. Diklaim aman juga untuk kulit sensitif.

Kemudian aku mau bahas tentang jumlah netto produknya. Isinya memang cuma 15 ml. Tapi untuk ukuran serum Retinol yang frekuensi penggunaannya dalam 1 minggu nggak terlalu sering, menurutku 15 ml itu banyak banget. Ini sudah kupakai 2 mingguan aja masih tinggal setengah.

Tekstur Scarlett Retinol Serum
Tekstur Scarlett Retinol Serum

TEKSTUR, WARNA DAN AROMA

Dari segi tekstur, Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum lebih kental dan berwarna putih susu keruh. Untuk aromanya kalau diendus bener-bener terutama ngendus pipetnya, tercium sekilas aroma khas retinol dan agak segar. Boleh kudeskripsikan seperti aroma rumput basah. Nggak mirip tapi ada aroma-aroma basah gitu. Tapi kalau untuk pemakaian normal aromanya cenderung scentless sih. Nggak mengganggu sama sekali kok.

KESAN PEMAKAIAN

Fyi, aku bukan pemula retinol jadi aku tahu bagaimana reaksi retinol di kulit dan efeknya seperti apa. Untuk kulit sensitifku, biasanya aku gunakan pola pemakaian seminggu 2 kali aja dari anjurannya yang seminggu 3x. Anjuran buat kamu yang pemula retinol, boleh dicoba dulu seminggu sekali dulu baru frekuensinya ditingkatkan menjadi 2 sampai 3 kali seminggu. Aku pakai Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum di malam hari aja dan nggak dibarengin dengan produk yang kandungannya bentrok dengan retinol. Perlu diingat serum retinol nggak dianjurkan untuk dipakai di pagi hari atau siang hari ya. Walaupun sudah pakai sunscreen tetep nggak dianjurkan karena retinol sensitif dengan sinar matahari. So far sih selama 2 minggu pakai serum ini aku pakainya single use, alias nggak aku layer dengan apapun lagi untuk meminimalisir resiko breakout.

Saat diaplikasikan serumnya mudah banget diratakan dan meresap. Biasanya aku pakai takaran 3 tetes untuk satu wajah. Karena aku sudah pernah pakai retinol, formula Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum menurutku tergolong mild karena kulit wajahku nggak terasa panas ataupun cekit-cekit. Kesannya normal aja seperti pakai serum biasa. Mungkin rasanya bakal agak perih kalau kena area luka seperti bekas jerawat tapi beberapa detik kemudian jadi nggak perih lagi. Nah untuk serum ini efeknya di kulit kelihatan cepet banget. Setelah serumnya meresap, tampilan pori-pori jadi lebih rapat dan tekstur kulit jadi agak halus. Besok paginya waktu cuci muka, tekstur kulit langsung terlihat halus. Amaze banget Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum bisa memperbaiki penampilan kulit dalam semalam. Nggak muncul jerawat/ clogged pores/ alergi juga. Aman pol di kulit sensitifku.

HASIL PEMAKAIAN

Before After Scarlett Retinol Serum
Before After Scarlett Niacinamide Serum

Ini adalah foto hasil before-after setelah pemakaian Scarlett Whitening Niacinamide 5% Serum dan Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum selama 2 minggu. Aku sengaja fotonya per area pipi gini ya biar kamu lebih kelihatan tekstur dan pori-pori kulit wajahku. Aku sengaja puasa skincare 3 hari biar lebih kelihatan efek dari serumnya dan lebih valid karena nggak tercampur reaksi dari produk lainnya. Aku cuma pakai face wash dan sunscreen yang biasanya kupakai dan nggak ada embel-embel ingredients yang bisa brightening kulit atau apapun. Di foto before kelihatan banget kulitku kusam, pori-pori besar, teksturnya nggak oke, dan ada bekas jerawat juga sampai mengelupas gitu.

Terus aku tesnya langsung 2 produk nih, Scarlett Whitening Niacinamide 5% Serum setiap hari di pagi dan malam dan Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum 2x seminggu di malam hari aja. Jadi dipakainya gantian ya bukan barengan. Kalau jadwalnya pakai Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum, aku pakai Scarlett Whitening Niacinamide 5% Serum di pagi hari aja. Selama pola pemakaian ini aku terapkan kira-kira 2 minggu, kondisi kulitku jauh kelihatan better. Paling ketara di penampakan pori-pori dan tekstur kulit. Bekas jerawat juga memudar, kulit yang awalnya mengelupas jadi normal, dan oil di muka jadi lebih terkontrol karena skin barriernya mulai membaik. Di foto after ada bekas jerawat baru karena selama pemakaian aku sempat muncul jerawat karena hormonal mau mens. Beda ya jerawat normal dan jerawat akibat breakout. Kamu bisa cari infonya di internet deh perbedaannya seperti apa. Nah jerawatnya tadi jadi kempes lebih cepat dan sekarang tinggal bekasnya aja. Dan untuk klaim mencerahkannya ini menurutku terbukti. Kulit wajahku yang awalnya lebih gelap dari leher sekarang warnanya mulai sama lagi.

Overall Scarlett Whitening Niacinamide 5% Serum dan Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum bekerja dengan baik di kulitku. Klaimnya terbukti dan memenuhi ekspektasiku. Kulit sensitifku nggak rewel sama sekali. Sekarang serumnya udah tinggal setengah. Siap-siap repurchase nih. Aku rekomendasikan Scarlett Whitening Niacinamide 5% Serum dan Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum untuk kamu yang lagi cari serum brightening dan serum retinol dengan kandungan yang mild.



Demikian review Scarlett Whitening Niacinamide 5% Serum dan Scarlett Skin Smoothing Retinol Serum. Semoga bermanfaat dan membantu kamu ya. Serum mana nih yang paling pengen kamu coba? Atau malah sudah cobain? Share di komentar pendapatmu ya.

Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di blog post selanjutnya!


Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This
, , , ,


Sociabuzz Tribe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


© Copyrighted and Designed by . All rights reserved.