17 Jun 2021

7 Tips Makeup Natural ala Amanda Manopo

Tips Makeup Natural Minimalis Amanda Manopo
Mengikuti perkembangan trend makeup, sekarang ini tampilan natural lebih banyak disukai. Sebenernya sih udah dari beberapa tahun kebelakang makeup natural jadi populer sejak munculnya trend makeup Korea. Apalagi buat aku yang berkecimpung di dunia beauty dan cobain berbagai style makeup, makeup natural itu punya tahta tersendiri. Tiap kali lihat orang yang makeupnya natural kayak seger gitu di mata. Contohnya figur yang makeupnya aku suka itu kayak Amanda Manopo, pemeran Andien di Sinetron Ikatan Cinta. Kalau nyebutin nama Andien atau Amanda Manopo, pasti yang langsung diingat adalah makeup minimalisnya.

Kalau ada orang yang komentar “kamu cantik nggak pakai makeup”, “makeupnya natural pasti gampang banget bikinnya”. No no no gaes. Itu salah besar. Ketahuilah kalau makeup natural itu lebih ribet dari yang terlihat. Untuk menghasilkan makeup yang merona dan kelihatan segar di sinetron Ikatan Cinta, sebenernya membutuhkan banyak produk dan step yang nggak sedikit juga. Berdasarkan yang aku pahami setelah trial and error dalam mengaplikasikan makeup, berikut ini tips-tips yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan makeup natural.


Baca juga :


1. Pakai base makeup berbahan dasar air/ water based
Pakai foundation/ BB Cream/ base makeup kesukaan kamu yang formulanya water based. Formula water based terlihat lebih ringan dan nggak terasa ketat di kulit. Dan aku sarankan pakainya sedikit demi sedikit dulu supaya hasilnya nggak dempul. Jangan lupa pilih shade yang senada/ lebih cerah 1 tingkat dari warna kulit asli untuk mengantisipasi base makeupnya oksidasi. Sesuaikan juga tone warnanya apakah neutral, warm, atau cool tone. Jangan sampai bikin wajah kelihatan abu-abu atau kusam.

2. Aplikasikan dengan sponge
Dibanding brush/ cushion puff, aku lebih suka mengaplikasikan base makeup dengan sponge karena hasilnya lebih tipis dan rata. Aku sih prefer pakai sponge kering karena kalau spongenya yang dibasahi base makeupnya gampang terangkat terus dan jadi nggak selesai-selesai ngeratainnya. Tapi preferensi masing-masing ya. Silahkan aja pakai teknik sesuai selera kamu.

3. Tambahkan sedikit efek glowing
Untuk memberikan efek glowing bisa dengan menggunakan base makeup yang finishnya glowing atau highlighter. Pilih highlighter dengan butiran yang halus supaya terlihat “glowing” bukannya “bling-bling”.

4. Gunakan warna blush yang natural
Jujur deh, suka gemes nggak sama warna-warna blusher? Aku pun gemes dan suka coba-coba berbagai warna blusher walaupun nggak semua warna cocok di aku. Setelah aku amati, kulit kuning langsat kayak aku ini lebih cocok dengan warna blush peachy yang cenderung ada hint merahnya. Hindari warna yang terlalu orange atau kecoklatan karena bikin kulit makin kelihatan kusam. Sedangkan untuk yang kulitnya sawo matang bagusnya blush yang warnanya cenderung deep. Dan untuk yang fair skin tone seperti Amanda Manopo, warna terang seperti peachy orange dan peachy pink terang bakal lebih cocok. Bingung pilih warna blusher yang natural untuk skin tone kamu? Caranya lihat pipi kamu dalam keadaan setelah olah raga atau lebih gampangnya pijat pipi kamu. Nanti terlihat warna pipi asli dan maksimal kepekatan warnanya. Untuk mendapatkan tampilan makeup natural, aplikasikan blushnya tipis aja.

5. Pilih eye shadow dengan warna kecoklatan
Warna eyeshadow juga jadi penentu seberapa natural makeup kamu. Menurutku, warna eyeshadow yang paling bagus untuk tampilan makeup natural adalah warna kecoklatan. Pilih warna coklat yang mendekati warna kulit atau 1-2 shade lebih gelap dari kulit. Hindari pemakaian glitter berlebihan, warna-warna diluar warna alami kulit atau warna-warna mencolok.

6. Gunakan maskara dan produk alis yang warnanya natural
Sekarang udah banyak inovasi produk alis. Tapi menurutku produk alis yang menurutku hasilnya paling natural yaitu tipe pensil alis dan brow shadow. Selain mudah dipakainya, warna-warnanya biasanya nggak terlalu strong. Untuk rambut hitam, aku sarankan pakai warna dark brown dengan hint abu-abu kehitaman. Jangan pakai warna coklat kemerahan karena bakal aneh. Kecuali kalau mau disesuaikan dengan warna rambutnya. Dan dibandingkan pakai bulu mata palsu, penggunaan maskara lebih membuat makeup kelihatan natural.

7. Gunakan produk bibir yang warnanya natural
Andalan untuk tampilan natural adalah penggunaan produk bibir dengan warna nude. Tapi pilih warna nude untuk bibir nggak boleh asal. Salah-salah bukannya kelihatan seger malah kelihatan kayak orang sakit. Lipstick, lip tint, lip cream, lip mousse, you name it, pilih warna nude yang mendekati warna alami bibir. Gampangnya, coba lihat warna merah alami bibir dalam keadaan setelah gosok gigi dan kulit bibir sudah dieksfoliasi dengan kapas basah. Pilih warna 1-2 shade lebih merah dari warna alami bibir. Biasanya warna yang cenderung ke peachy/ orange/ pink/ red terlihat lebih segar. Lebih bagus lagi kalau warna bibir senada dengan warna blush. Bakal kelihatan natural banget.


Aplikasi makeup natural sebenernya gampang-gampang susah karena harus menakar ketebalan produk dan memilih warna secara tepat. Sering-sering aja lihatin makeup yang kamu suka untuk mendapatkan style makeup yang pas. Coba deh nonton sinetron Ikatan Cinta hari ini dan amatin makeupnya Amanda Manopo untuk referensi. Perbanyak latihan makeup untuk mencari warna natural yang paling cocok untuk warna kulit kamu. Jangan denial walaupun sebenernya warna yang kamu suka nggak cocok di kulit kamu. Tapi dari semua itu, kunci paling utama dari makeup natural adalah percaya diri dengan kondisi kulit sendiri. Dengan makeup natural pun bisa terlihat cantik asal percaya diri. Oke? 
Selamat mencoba tipsnya ya temen-temen. Semoga bermanfaat.


Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This
,


Sociabuzz Tribe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


© Copyrighted and Designed by . All rights reserved.