14 Jun 2018

Review – Skincare Clinelle Untuk Kulit Sensitif Kombinasi


Sebagai wanita, siapa sih yang nggak pengen punya kulit sehat? Salah satu upaya untuk mempercantik kulit ya dengan skincare. Nah, salah satu kesalahan fatal dalam memilih skin care adalah memakai skincare yang nggak sesuai dengan jenis kulit maupun permasalahan kulit yang dihadapi. Apalagi jaman sekarang alias jaman now ya, semua skincare dipukul rata karena semata dia hype di dunia maya padahal nggak tau produk itu diformulasikan untuk kulit yang seperti apa. Beberapa waktu lalu aku melakukan konsultasi kulit dengan Clinelle. Clinelle adalah brand skin care yang produk-produknya diformulasikan dengan “7 secrets to the happy skin” yaitu tanpa pewarna buatan, tanpa pewangi buatan, tanpa Lanolin, tanpa Mineral Oil, tanpa SD-Alkohol, tanpa bahan komedogenik dan tanpa paraben. Untuk penderita kulit kombinasi dan sensitif, 6 No’s + Paraben Free itu penting banget. Dan beruntungnya aku bisa konsultasi tentang permasalahan kulitku supaya tahu skincare apa yang cocok.

Setelah konsultasi kulit, wawasanku jadi luas tentang produk skin care. Jadi penggunaan skincare itu harus berurutan dari yang teskturnya cair sampai ke tekstur kental. Selain itu formulanya harus cocok dengan permasalahan kulit. Berdasarkan permasalahan kulit, aku disarankan untuk nyobain rangkaian produk yang akan aku share reviewnya ke kalian, antara lain Deep Cleansing Water, Deep Cleansing Gel, Purecalm Swiss Hydrating Lotion, Caviar Gold Firming Serum, Caviar Gold Firming Eye Serum, Caviar Gold Firming Cream, WhitenUp Whitening Mask dan Hot Body Cream. Penasaran reviewnya? Baca sampai habis ya karena reviewnya bakal panjang banget.



CLINELLE DEEP CLEANSING WATER
Clinelle Deep Cleansing Water

DESKRIPSI PRODUK
Pembersih wajah berbahan dasar air 5-in-1, yang secara efektif membersihkan wajah, menghilangkan minyak dan menghapus riasan wajah terutama area mata dan bibir. Menghapus riasan mata tahan air tanpa meninggalkan residu minyak. Selain efektif dalam membersihkan wajah, Deep Cleansing water juga berfungsi sebagai eksfolian ringan, mencerahkan dan melembapkan kulit hanya dengan 1 langkah!

KANDUNGAN UTAMA
Pomegranate Enzyme (Memperbaiki kulit wajah)
Hyaluronic Acid  (Menghaluskan kulit wajah)
Green Tea (Melindungi kulit dari radikal bebas)

SKIN CONCERN
Oil Control, Anti Blemish, Hydration, Whitening & Brightening, Firming & Lifting

UKURAN
180 ml

HARGA
IDR 159.000

Review Clinelle Deep Cleansing Water
KEMASAN
Deep Cleansing Water dikemas dalam botol plastik warna biru muda dengan tutup berwarna putih. Model tutupnya flip top tapi bentuknya nggak biasa. Tutupnya kuat dan isinya jadi nggak gampang tumpah.

TEKSTUR
Seperti namanya, konsistensinya cair seperti air.

AROMA
Aroma Cleansing water ini mengingatkan aku sama minuman orange squash. Ada aroma segar jeruk yang soft.

KESAN PEMAKAIAN
Untuk pre-cleanser aku lebih disarankan pakai Deep Cleansing Water. Selain bisa menghapus make up dan sisa-sisa kotoran di wajah, pemakaiannya nggak ribet dan formulanya paling aman di kulitku yang sensitif plus gampang bruntusan. Waktu diaplikasikan tercium aroma mirip minuman orange squash yang menyegarkan banget. Setelah pakai cleansing water ini, aku merasa sedikit lengket tapi bukan berminyak ya. Lebih kearah lembab gitu. Setelah pemakaian Deep Cleansing water harus di-double cleansing dengan pemakaian cleanser. Buat yang gampang bruntusan wajib banget double cleansing ya! 

Review Clinelle Deep Cleansing Water
(Kiri-kanan : Foundation – Eyeliner Liquid – Mascara – Lip Cream – Lip Tint)

Aku sempat tes kemampuan Deep Cleansing Water untuk membersihkan makeup dan hasilnya bikin aku takjub! Cuma butuh 1 kapas untuk bersihin makeup yang ada ditanganku itu. Semuanya hilang tanpa bekas walaupun pas bersihin eyeliner dan mascara butuh effort lebih.


CLINELLE DEEP CLEANSING GEL
Clinelle Deep Cleansing Gel
DESKRIPSI PRODUK
Pembersih wajah yang secara efektif membersihkan tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit wajah. Mengandung pembersih alami dengan bahan emolien untuk membersihkan dan menyeimbangkan kondisi kulit wajah. Membantu meringankan kulit sensitif serta menjaga kulit dari pengaruh perubahan lingkungan.

KANDUNGAN UTAMA
Centella Asiatica  (Memperbaiki kulit wajah)
Ginseng (Menghaluskan dan mengencangkan kulit wajah)
Green Tea (Melindungi kulit dari radikal bebas)

SKIN CONCERN
Oil Control

UKURAN
100 ml

HARGA
IDR 109.000

Review Clinelle Deep Cleansing Gel

KEMASAN
Kemasannya berupa tube dengan bodi warna putih dan tutup flip top warna biru. Kalau tutupnya dibuka, kelihatan kalau lubang tube dilapisi segel aluminium. Super hygienic!

TESKTUR
Teksturnya berupa gel bening. Cara pakainya basahi tangan baru tuang cleansing gel secukupnya. Nanti kalau digosok akan muncul sedikit busa.

AROMA
Deep Cleansing Gel ini punya aroma, mungkin aroma green tea+ginseng. Aromanya sangat lembut, segar, dan calming.

KESAN PEMAKAIAN
Cleanser dengan formula gel bagus banget untuk kulit sensitif dan gampang bruntusan. Aku pakai cleansing gel ini kira-kira seukuran kuku jempol tangan, kutuang ditangan yang basah terus digosok-gosokkan dikedua tangan. Anyway, busanya memang sedikit banget. But don’t worry. Semakin sedikit busa yang dihasilkan cleanser akan semakin bagus karena dia nggak menghilangkan minyak alami wajah yang bisa memicu bruntusan. Setelah pemakaian muka terasa lebih bersih, nggak ada rasa kesat maupun licin, nggak gatal, dan tetap lembab.

CLINELLE PURE SWISS HYDRACALM LOTION
Clinelle Pure Swiss Hydracalm Lotion

DESKRIPSI PRODUK
Losion pelembap dengan tektur sangat ringan menyerupai air yang dapat membantu menutrisi, memperhalus dan mengembalikan kondisi kulit. Dengan kemampuan melembapkannya dapat memperhalus pori-pori dan meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit. Kulit menjadi lebih lembut, lembap & terjaga.

KANDUNGAN UTAMA
Bio-Calm Complex (Memperbaiki kulit wajah)
PureSwiss Thermal Spring Water (Menghaluskan dan mengencangkan kulit wajah)
Natural Phyto Hyaluronic Acid (Melindungi, menjaga dan mengembalikan kondisi kulit)

SKIN CONCERN
Hydration

UKURAN
150 ml

HARGA
IDR 199.000

Review Clinelle Pure Swiss Lotion
Review Clinelle Pure Swiss Lotion

KEMASAN
Produk ini dikemas dalam botol plastik yang tutupnya model putar. Sekilas kelihatan biasa aja, namun yang membedakan adalah ada plastik sumbat dilubang botol. Kelihatannya ribet pakai sumbat segala, tapi produknya jadi tetap higienis dan aman dari kebocoran. Mau dijungkir kayak apa juga nggak bakal bocor. Lagipula  menurutku nggak ribet sama sekali karena membukanya gampang banget. Botolnya ringan dan anti bocor jadi mau dibawa travelling tetap aman.

TEKSTUR
Walaupun namanya lotion tapi teksturnya cair seperti toner.

AROMA
Lotion ini punya aroma bunga mawar yang cukup soft. Aromanya bukan seperti minyak mawar, tapi lebih seperti sirup mawar. Entah kenapa aroma produk Clinelle banyak mengingatkanku ke aroma sirup hehe.

KESAN PEMAKAIAN
Aku lebih suka pakai lotion ini dengan dituang beberapa tetes ke tangan terus ditepuk-tepuk ke kulit dibandingkan menggunakan kapas. Biasanya pakai 2-3 tetes sudah cukup untuk area wajah dan leher. Sewaktu diaplikasikan nggak ada rasa lengket sama sekali. Lotionnya menyerap dengan baik dan setelah produknya meresap rasanya seperti nggak pakai apa-apa di kulit. Biarpun produk ini ditujukan untuk menghidrasi kulit, efek melembabkannya tergolong ringan. Kalau pengen lebih lembab bisa aplikasikan lotion lagi atau ditambah serum setelahnya.


CLINELLE CAVIAR GOLD FIRMING SERUM
Clinelle Caviar Gold Firming Serum

DESKRIPSI PRODUK
Sebuah serum wajah yang mampu mengangkat, mengencangkan dan memberikan hasil yang dapat bertahan lama pada kulit wajah. Membantu mengurangi kerutan, mengatasi perubahan warna kulit dan bitnik-bintik penuaan. Kulit lebih terangkat, kencang dan cerah.

KANDUNGAN UTAMA
Caviar (merawat kulit wajah dan memperlambat penuaan)
24K Nano Gold (Mengurangi kerutan dan membentuk kontur V wajah)
PhytoGold (Melindungi, mencerahkan dan meningkatkan pembetukan kulit)

SKIN CONCERN
Firming & Lifting

UKURAN
30 ml

HARGA
IDR 339.000

Review Clinelle Caviar Gold Firming Serum
Review Clinelle Caviar Gold Firming Serum
Review Clinelle Caviar Gold Firming Serum

KEMASAN
Kemasan Firming Serum berupa botol plastik berbentuk balok transparan dengan aksen emas di bawah bodi botol dan tutupnya. Menyesuaikan dengan botol, kemasan box juga dibuat tema gold. Balik lagi ke pembahasan botol, kemasan botolnya punya sistem pump dimana nggak ada udara sama sekali didalamnya. Didalam botol ada plastik silinder yang berisikan produk. Semakin berkurang produknya nanti silindernya perlahan-lahan keatas, jadi nggak ada produk yang terbuang sia-sia.

TEKSTUR
Teksturnya berupa gel bening kental dengan butiran-butiran berwarna emas. Waktu diratakan nanti butiran emasnya “leleh” dan menyatu dengan gel.

AROMA
Pas pertama dikeluarkan dari botol dan diratakan tercium aroma seperti campuran bunga dan jeruk yang lembut. Tapi setelah produknya meresap aromanya hilang.

KESAN PEMAKAIAN
Serum ini adalah produk seri Caviar Gold pertama yang aku coba setelah melewatkan Cleanser dan Lotion Caviar Gold. Serum ini cukup kental namun cukup mudah diratakan kekulit. Setelah diratakan, butiran-butiran emasnya hilang dan menyatu dengan gel-nya. Setelah kulihat lebih dekat, ternyata ada partikel emas halus yang menempel dikulit. Nggak bikin kayak disco ball sih, tapi membuat kulit kelihatan glowing natural tanpa kesan berminyak. Serum ini cukup melembabkan dan aku nggak merasakan reaksi alergi atau bruntusan waktu pakai serum ini. 


CLINELLE CAVIAR GOLD FIRMING EYE SERUM
Clinelle Caviar Gold Firming Eye Serum

DESKRIPSI PRODUK
Sebuah serum mata yang berfungsi untuk mengangkat dan mencerahkan area mata dalam satu formula brilian, menggunakan teknologi terkini dan kandungan dari Triple-Gold Firming and Lifting Complex . Mampu memberikan instan hidrasi serta menyamarkan garis-garis halus dan kerutan, mengurangi sensasi sembap, menyamarkan lingkaran hitam dan meningkatkan kekenyalan dan kekencangan kulit wajah. Kulit wajah menjadi lebih halus dan sehat.

KANDUNGAN UTAMA
Caviar (merawat kulit wajah dan memperlambat penuaan)
24K Nano Gold (Mengurangi kerutan dan membentuk kontur V wajah)
PhytoGold (Melindungi, mencerahkan dan meningkatkan pembetukan kulit)

SKIN CONCERN
Firming & Lifting

UKURAN
15 ml

HARGA
IDR 339.000

Review Clinelle Caviar Gold Firming Eye Serum
Review Clinelle Caviar Gold Firming Eye Serum

KEMASAN
Desain kemasan Firming Eye Serum nggak jauh beda dengan Firming Serum. Hanya saja ukuran botolnya lebih pendek.

TEKSTUR
Sama dengan Firming Serum, tekstur Firming Eye Serum juga berupa gel bening kental. Sama-sama ada butiran emasnya dan sama-sama melembabkan. Dari segi tekstur, Firming Eye Serum lebih cair dibanding Firming Serum.

AROMA
Firming Eye Serum punya aroma serupa dengan Firming Serum yaitu campuran bunga dan jeruk.

KESAN PEMAKAIAN
Karena teksturnya lebih encer, meratakan produk ini jadi lebih mudah. Aku pakai seukuran biji kacang hijau, kuratakan dijari lalu kuaplikasikan ke area mata sambal dipijat-pijat. Setelah serumnya meresap kulit terasa lembab dan nggak ada sisa-sisa residu yang muncul karena efek pijatan. Setelah 2 minggu pemakaian di area mataku juga nggak timbul komedo, milia, atau gatal sekalipun. 


     Perbandingan Firming Serum dengan Firming Eye Serum     

Clinelle Caviar Gold Firming Serum vs Firming Eye Serum
Sekilas lihat botol kemasan Firming Eye Serum dan Firming Serum, aku yakin kalian bakal susah bedainnya kan? Jangankan yang baru pertama kali lihat, yang sudah pakai kedua produk ini kadang-kadang sering salah ambil. Karena mirip banget, aku bahas perbedaannya supaya kalian lebih paham. Dari segi kemasan, desain antara Firming Eye Serum dan Firming Serum kelihatan mirip. Diawal-awal pemakaian aku harus lihat tulisannya dulu sebelum pakai supaya nggak keliru. Walaupun desainnya mirip, ukurannya beda loh temen-temen. Firming Eye Serum isinya 15 ml sedangkan Firming Serum isi 30 ml jadi botol Firming Serum lebih tinggi daripada Firming Eye Serum. Untuk meminimalisir salah ambil, saranku sih jejerin aja keduanya dimeja skincare jadi sekilas pandang langsung tau botol yang lebih tinggi itu Firming Serum dan yang lebih pendek Firming Eye Serum. Kedua produk ini sama-sama mengandung partikel-partikel Caviar Gold, tapi Firming Eye Serum punya konsistensi yang lebih encer dibandingkan dengan Firming Serum. Walaupun kekentalannya beda, keduanya sama-sama mudah menyerap di kulit dan melembabkan tanpa rasa lengket. 


CLINELLE CAVIAR GOLD FIRMING CREAM
Clinelle Caviar Gold Firming Cream

DESKRIPSI PRODUK
CaviarGold Firming Moisturizing Cream merupakan krim wajah dengan formula terdepan yang mampu melembapkan kulit dan mengembalikan elasitisitas kulit wajah. Membantu mengangkat kontur wajah secara alami dan menjaga kulit dari penuaan dini. Kulit menjadi lebih kencang, ternutrisi dan terlindungi.

KANDUNGAN UTAMA
Caviar (merawat kulit wajah dan memperlambat penuaan)
24K Nano Gold (Mengurangi kerutan dan membentuk kontur V wajah)
PhytoGold (Melindungi, mencerahkan dan meningkatkan pembetukan kulit)

SKIN CONCERN
Firming & Lifting

UKURAN
40 ml

HARGA
IDR 329.000

Review Clinelle Caviar Gold Firming Cream
Review Clinelle Caviar Gold Firming Cream
Review Clinelle Caviar Gold Firming Cream

KEMASAN
Firming Cream ini dikemas dalam kemasan jar. Masih dengan tema Caviar Gold, kemasan jar dan box-nya didesain dengan warna emas. Setiap item disertai dengan spatula didalam box. Selain lebih higienis, spatula juga berfungsi untuk menakar produk yang akan dipakai. Ngomong-ngomong soal kemasan jar, desainnya bener-bener unik. Kesannya seperti cermin gitu, kelihatan eksklusif.

TEKSTUR
Daripada dibilang cream, aku bilang teskturnya lebih ke lotion. Dia mudah diratakan dan mudah meresap.

AROMA
Aroma Firming Cream ini segar seperti buah nanas. Sekilas mengingatkanku sama es buah.

KESAN PEMAKAIAN
Aku pakai krim ini seukuran biji jagung untuk seluruh muka dan leher. Setelah diaplikasikan kulit terasa lembab. Di awal ada kesan sedikit lengket, setelah ditepuk-tepuk dan meresap dia nggak terasa lengket lagi. Kulit jadi kelihatan glowing tapi nggak terasa oily sama sekali. Awalnya aku was-was sama produk yang teksturnya krim karena selalu bikin aku bruntusan atau muncul whiteheads di area nggak wajar seperti pipi, dahi, dan rahang. Tapi Firming Cream ini bagus banget ternyata. Produk ini nggak bikin bruntusan, nggak bikin jerawatan, dan nggak bikin whiteheads muncul. Setelah 2 minggu pemakaian kulitku kelihatan lebih lembab, lebih kencang, dan lebih cerah. Oh iya, firming cream ini juga bisa buat makeup makin nempel loh. Hasilnya bagus banget dibawah bb cream/foundation.


CLINELLE WHITEN UP WHITENING FACIAL MASK
Clinelle Whiten Up Whitening Facial Mask

DESKRIPSI PRODUK
Secara ajaib mencerahkan dan menggabungkan seluruh kandungan untuk menghaluskan dan melembutkan tektur kulit wajah.

KANDUNGAN UTAMA
Purple Rice (membuat kulit lebih cerah dan kencang)
Hydrolyzed Black Pearl (regenerasi sel kulit)
Ekstrak bunga Daisy (mencegah kulit menjadi gelap)

SKIN CONCERN
Whitening & Brightening

UKURAN
1 lembar, 25 ml

HARGA
IDR 45.000

Review Clinelle Whiten Up Mask

KEMASAN
WhitenUp Whitening Mask ini berupa mask sheet. Lembaran tissuenya cukup tipis dan bisa menempel di wajah dengan baik.

TEKSTUR
Cairan maskernya berupa gel bening. Karena teksturnya gel, maskernya jadi lebih bisa nempel dikulit tanpa takut jatuh. Cairannya juga nggak netes-netes.

AROMA
Masker ini punya aroma bunga yang cukup soft.

KESAN PEMAKAIAN
Ukuran maskernya cukup pas dengan wajah orang Indonesia. Diwajahku yang tipenya bulat, lembarannya agak kepanjangan tapi lebarnya kurang. Dan cairannya menurutku banyak banget. 25 ml masih banyak yang sisa jadinya kuolesin aja di badan. Sekali pemakaian efek mencerahkannya kurang efektif sih, yang terasa menonjol banget itu kulitku jadi lembab selembab-lembabnya.


CLINELLE HOT BODY CREAM
Clinelle Hot Body Cream

DESKRIPSI PRODUK
Krim pembentuk tubuh yang secara efektif berfungsi untuk menyamarkan selulit, meratakan perut, membentuk dan mengencangkan tubuh menjadi lebih ideal serta meningkatkan kekenyalan kulit dan mencerahkan warna kulit.

KANDUNGAN UTAMA
PheoSlim G (Mengecilkan ukuran lengan, pinggang dan paha)
Scopariane (menyamarkan selulit) dan meratakan tekstur kulit
3M3 Whiteris G (membuat kulit terlihat lebih cerah)

SKIN CONCERN
Firming & Lifting

UKURAN
170  ml

HARGA
IDR 289.000

Review Clinelle Hot Body Cream

KEMASAN
Kemasan Hot Body Cream bentuknya tube. Diujungnya ada bola-bola stainless yang berfungsi untuk meratakan krim sekaligus sebagai pemijat. Supaya produknya nggak keluar terus-terusan waktu roller, kemasannya disertai lock on dan off yang bisa diputar. Putar dulu ke posisi on untuk mengeluarkan produk, terus putar ke posisi off sampai berbunyi “klik” dan massage krimnya dengan roller dengan gerakan memutar

TEKSTUR
Tekskturnya seperti lotion dan mudah menyerap dikulit.

AROMA
Hot Body Cream ini aromanya seperti buah cherry.

KESAN PEMAKAIAN
Saat dimassage dengan roll awalnya nggak terasa apa-apa. Setelah beberapa menit, area yang dimassage jadi terasa hangat. Semakin banyak lemak yang ada, semakin hangat rasanya. Waktu massage kira-kira 3-5 menit, rasa hangatnya berubah menuju panas. Setelah rasa hangatnya hilang, bagian tubuh yang diaplikasikan krim ukurannya bisa menyusut 1-2 cm loh temen-temen. Kalau diaplikasikan ke area yang nggak terlalu berlemak, cuma terasa sedikit hangat atau malah nggak hangat sama sekali. Pakai Hot Body Cream ini bagus banget dipakai sebelum olah raga untuk membantu membakar lemak. Aku juga suka pakai ini pas lagi santai kayak nonton TV.


Review Clinelle
Setelah 2 minggu pemakaian, kulitku menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan. Foto before diambil tanggal 11 Mei 2018, dimana aku stop pemakaian semua skincare selama 3 hari (cuma pakai facial wash harian). Tepat tanggal 11 Mei itu juga aku memulai pemakaian rangkaian produk Clinelle. Hasil yang paling terlihat setelah 2 minggu pemakaian adalah kulitku tampak lebih segar, kenyal dan kencang. Tekstur wajah lebih halus, pori-pori mengecil, kontur V di rahang juga sedikit terlihat. Ngomong-ngomong, noda-noda yang agak kemerahan di foto after itu bekas jerawatku yang masih baru, sedangkan bekas jerawat kehitaman mulai memudar. Untuk kantong mata atau kerutan di mata, aku masih belum lihat perbedaan yang terlalu ketara tapi memang area bawah mata kelihatan lebih segar


Untuk yang punya kulit sensitif, cari produk yang menerapkan 6 No’s dan Paraben Free terutama non-comedogenic itu cukup tricky. Clinelle menerapkan semua itu dan memberikan hasil yang positif dikulitku. Semua produknya dermatology tested dan cocok di aku. Surprisingly, seri Caviar Gold yang concern-nya bukan untuk kulit sensitif bahkan cocok banget. Aku bisa bilang semua seri Clinelle cocok untuk kulit sensitif, tinggal sesuaikan aja sama permasalahan kulit masing-masing. Aku merekomendasikan produk Clinelle untuk kulit sensitif dan gampang bruntusan, terutama Caviar Gold Firming Cream karena aku tahu cari cream moisturizer yang melembabkan dan beneran non-comedogenic itu susah-susah gampang.  Produk body-nya juga oke banget, aman juga untuk kulit sensitif.

Seneng banget Clinelle hadir di Indonesia dan aku bisa coba produknya. Semua rangkaian tersedia untuk masing-masing permasalahan kulit, ada yang untuk kulit kering, untuk kulit sensitif, dan anti aging. Soon, seri whitening dan clear acne akan segera masuk di Indonesia. Can’t wait for it!


Clinelle bisa didapatkan di:
Guardian terdekat atau website Clinelle


     CLINELLE INDONESIA     


16 komentar:

  1. Aku juga baru tahu lho kalau penggunaan skincare itu harus berurutan dari yang teskturnya cair sampai ke tekstur kental. Thanks infonya. Ini pembahasanya super menarik dan informatif sekali. #kbbvmember

    BalasHapus
  2. penasaran sama serumnya, lagi nabung mau coba beli soalnya di guardian udah ada hehehee #kbbvmember

    BalasHapus
  3. Wah lengkap banget skincarenya semuanya bikin pengen apa lg yg seri caviar dan hot body cream, tapi harganya lumayan juga ya.. #KBBVmember

    BalasHapus
  4. Aku uda nyobain produk CLinelle Caviar Gold seriesnya, paling suka sama eye cream :)

    #kbbvmember

    BalasHapus
  5. Aku penasaran sama hot body cream nya! Pengen ngurangin lemak2 bergelambir ini hehe. Kira-kira efeknya bisa permanen gak ya?
    #kbbvmember

    BalasHapus
  6. lengkap banget ya kak reviewnya :) #kbbvmember

    BalasHapus
  7. Wah pas buat kulitku nih sensitif kombinasi~ mau gold seriesnya nabung dulu deh hehe
    #kbbvmember

    BalasHapus
  8. Packaging nya bener" mewah banget ya jadi pingin beli deh apalagi cocok buat kulit sensitive kyk aku #kbbvmember

    BalasHapus
  9. Kebetulan aku lagi kehabisan stok serum dan serum clinelle ini punya fungsi yang sama kayak srrum lamaku. Kaykanya bisa ganti produk ini deh hehe #KBBVmember

    BalasHapus
  10. udah lama nih penasaran sama produk clinelle, makasih ya kak review nya bermanfaat banget #KBBVmember

    BalasHapus
  11. ClibellC PureSwiss HydraCalm Lotuon itu favorite aku banget! Kadang aku pakai sama tablet mask juga, lebih hemat dibanding beli sheet mask :D

    #kbbvmember

    BalasHapus
  12. Aku penasaran banhet sama produk clinelle.. lg hype banget nih brand yak..
    #kbbvmember

    BalasHapus
  13. wahhh top banget reviewmu lengkap dis ^^ aku penasaran ma hot creamnya

    #kbbvmember

    BalasHapus
  14. itu clenasing water nya kereng banget ya, sekali usap udah bersih beb <3


    XOXO
    Demia from Kembanggularoom
    #KBBVmember

    BalasHapus
  15. Aku lagi cobain clinelle yg baru nih seri whiten up, aku pake serumnya udah 1 mingguan buat noda bekas jerawat sekaligus mencerahkan, hasilnya lumayan

    BalasHapus
  16. aku tertarik sama serum yang mengandung gold sama body cream cuman menurutku harganya lumayan ya ka

    BalasHapus


© Copyrighted and Designed by . All rights reserved.