15 Nov 2017

Event - Viva Cosmetics Blogger Gathering & Factory Visit

Viva Cosmetics Blogger Gathering
Hai temen-temen! Kali ini aku mau share ke kalian tentang event yang baru-baru ini kuhadiri. Sabtu tanggal 11 November 2017 kemarin, aku bersama temen-temen Surabaya Beauty Blogger diundang oleh PT. Vitapharm untuk blogger gathering sekaligus jalan-jalan ke pabrik Viva Cosmetics. Kalian pasti tahu Viva Cosmetics kan? Sebagai brand yang namanya udah dikenal dari sejak jaman Mama dan Nenek kita, aku excited banget bisa mengunjungi pabriknya dan mengintip langsung kegiatan disana. Mau tau keseruannya? Baca sampai habis yaa.

Viva Cosmetics Blogger Gathering
Acara dimulai dari pukul 8 pagi. Para undangan dikumpulkan di ruangan meeting kantor PT. Vitapharm. Laper dong gaes. Untungnya pihak Viva Cosmetics berbaik hati ngasih sarapan sambil santai-santai sebelum memulai acara. Yumm yumm.

Viva Cosmetics Blogger Gathering
Disana ada spot yang memajang produk-produk dari Viva Cosmetics. Spot pertama ada Viva Cosmetics Air Mawar dan macam-macam milk cleanser yang siapapun pasti tahu. Ada juga produk terbaru Viva Cosmetics yaitu face mask.

Viva Cosmetics Blogger Gathering
Kemudian, yang ga kalah terkenalnya yaitu produk-produk makeup Viva Queen. Yang paling terkenal adalah eyebrow pencil dan eyeshadow singlenya yang murah meriah dengan pigmentasi luar biasa. Ada juga bedak, blush on, eyeshadow trio, lipstik, dan masih banyak lagi.

Viva Cosmetics Blogger Gathering
Selain skincare wajah dan makeup, ternyata Viva Cosmetics punya produk-produk perawatan tubuh loh temen-temen.

Viva Cosmetics Blogger Gathering
Viva Cosmetics juga memproduksi lulur mandi which is kesukaan para wanita yang suka dengan perawatan tubuh. Ada banyak jenis lulur yang variannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Viva Cosmetics Blogger Gathering
Acara dimulai dengan sambutan dari Bapak Deni Wibisono selaku Direktur Marketing. Beliau menyambut kami dan menjelaskan sedikit tentang Viva Cosmetics dari proses produksi produk hingga sampai ke tangan konsumen.

Viva Cosmetics Blogger Gathering
Ibu Ana selaku Kepala Unit Promosi memperkenalkan brand Viva Cosmetics, sejarah, serta prestasi yang sudah diraih. Kalian tahu ga sih kalau PT. Vitapharm yang menaungi Viva Cosmetics sudah berdiri sejak tahun 1964? Yap, Viva Cosmetics merupakan salah satu brand tertua di Indonesia. Coba tanya ke mama atau tante kalian, siapa yang ga tau sama ini. Awalnya, pabrik Viva Cosmetics bertempat di Jl. Karet Surabaya kemudian pindah ke Jl. Panjang Jiwo Surabaya hingga sekarang. Sempat berganti nama sebanyak 3x, PT. Vitapharm dijadikan nama resmi yang dikenal saat ini. Dan ternyata, PT. Vitapharm ga cuma menaungi Viva Cosmetics aja, tapi juga Viva White, Viva Queen dan Red-A. Beda keempat merk tersebut apa sih? Jadi Viva Cosmetics adalah brand yang fokusnya ke skincare, Viva White fokusnya ke mencerahkan kulit, Viva Queen adalah brand makeup yang ditujukan untuk wanita dewasa atau "makeup professional", sedangkan Red-A adalah brand makeup yang produknya ditujukan untuk remaja. Kalau kalian menemukan bermacam-macam nama brand Viva Cosmetics di pasaran, ga usah bingung lagi ya!

Viva Cosmetics Blogger Gathering
Untuk memeriahkan hari itu, tim Viva Cosmetics mengadakan challenge dandan menggunakan produk-produk dari Viva Cosmetics. Ada beberapa tim yang ikut main. Dalam 1 tim, ada 1 orang sebagai perias dan 1 orang lainnya sebagai korban alias yang dirias.

Viva Cosmetics Blogger Gathering
Produk-produk yang digunakan dalam challenge adalah dari Viva Cosmetics, Viva White, Viva Queen, dan Red-A. Tiap tim rebutan memilih produk yang akan dipakai.

Viva Cosmetics Blogger Gathering
Pemenang pertama challenge hari itu, Ibu Claresta (kiri) dan Fio (kanan). Mereka memenangkan challenge dengan tema "Makeup Dengan Produk Sak Onoke" (Makeup Dengan Produk Seadanya) yang selalu mengundang tawa temen-temen yang hadir maupun panitia. Good job girls! Ada 2 pemenang lagi sebenernya, tapi aku ga ambil fotonya karena ketutupan temen-temen dan fotografer.

Viva Cosmetics Blogger Gathering Sesi dilanjutkan dengan beauty class. Disini kami diajarkan step by step dari membersihkan makeup, pemakaian skincare, pijat refleksi wajah dan teknik kontur wajah menggunakan produk-produk dari Viva Cosmetics.

Viva Cosmetics Blogger Gathering
Best makeup hari itu
(kiri-kanan) Ibu perwakilan Tim Viva Cosmetics, Aiyuki, Fio dan Mbak Niar.

Viva Cosmetics Blogger Gathering
Hasil makeupku menggunakan produk Viva Cosmetics. Wefie dulu sama Sylvia.

Viva Cosmetics Blogger Gathering
Wefie sama temen-temen konferensi meja kotak.
(kiri-kanan) Veve, Ce Nessya, Sylvia, Aku.

Setelah sesi beauty class, kami diajak jalan-jalan ke pabrik Viva Cosmetics yang letaknya tepat di belakang bangunan kantor PT. Vitapharm. Untuk menjaga privasi, pihak Viva Cosmetics ga memperbolehkan kami untuk melakukan dokumentasi. Kami cuma diperbolehkan membawa kertas untuk mencatat. Beneran deh, jadi inget study tur sekolah. Para beauty blogger digiring oleh pak Teguh (staff Viva Cosmetics) jalan-jalan ke satu per-satu ruangan di dalam bangunan pabrik. Kami diperlihatkan tahap pemeriksaan bahan baku, proses produksi, pengemasan, pengujian sampel, dan penyimpanan barang sebelum akhirnya dikirim ke distributor. PT. Vitapharm sangat menjaga kehigienitasan produk-produknya. Setiap pekerja diharuskan memakai jas lab, penutup kepala, masker, dan sepatu khusus sebelum memasuki ruangan-ruangan yang berhubungan dengan proses produksi. Kusen-kusen yang ada disana dibuat tanpa siku agar ga ada debu yang menumpuk. Tentu aja, kami para pengunjung juga cuma bisa melihat kegiatannya dari balik sekat kaca agar ga terjadi kontaminasi. Kemudian untuk menjaga kualitas produk, suhu ruangan dijaga dengan ketat sejak dari pengolahan bahan baku sampai ke penyimpanan di gudang barang agar ga terjadi kerusakan. Secara berkala, produk dari tiap batch diambil sampelnya untuk diperiksa apakah produk tersebut masih layak edar atau tidak. Yang paling menyedihkan adalah kami melihat proses pemotongan lipstik yang akan dicek di laboratorium. Kami meratapi si lipstik dari jendela laboratorium. Dasar pecinta gincu hahaha.

Viva Cosmetics Blogger Gathering
Setelah tour pabrik, kami dipersilahkan kembali ke ruangan meeting untuk makan siang. Di tengah makan siang, kami kaget karena ada kejutan. Ternyata tepat di hari itu, Viva Cosmetics berumur genap 60 tahun! Sungguh waktu yang lama bagi suatu brand untuk mempertahankan keeksisannya. Wish you all the best! Semoga Viva Cosmetics makin baik bersaing dengan brand-brand lain yang bermunculan dan kehadirannya tak lekang oleh waktu. Semoga banyak produk baru yang akan dikeluarkan Viva Cosmetics kedepannya!

Viva Cosmetics Blogger Gathering
Setelah makan siang, kami diberi workshop oleh Mas Moh (IG @mochtret) tentang Blogging 101 dan cara mengambil foto yang Instagrammable. Kids Jamans Now katanya harus banget punya Instagram, tapi fotonya ga boleh asal-asalan. Apalagi kami sebagai Beauty Blogger yang tugasnya meng-influence audience, wajib banget untuk tahu angle kamera, pose, dan memposisikan diri didepan kamera.

Viva Cosmetics Blogger Gathering
Kami diberi tips-tips untuk mengambil foto selfie yang baik. Pertama-tama harus tahu dulu angle terbaik dan fitur wajah yang menjadi poin plus. Kalau sudah tahu angle terbaik sebelah mana, selanjutnya adalah memposisikan badan di depan kamera. Usahakan collarbone (tulang selangka) terlihat santai, posisikan wajah sedikit miring ke samping, dan buka mata atau senyum tepat sebelum foto di capture. Trik untuk kalian yang sering kelihatan merem atau senyum aneh kalau difoto nih. Mas Moh juga membagikan tips-tips tentang cara membuat foto produk yang bagus dengan posisi flatlay dan cara memposisikan lighting untuk keperluan foto produk maupun video tutorial. Psst, kami juga dikasih bocoran jenis lighting yang bagus loh. Salah satunya ring light yang kalian lihat di foto di atas.

Viva Cosmetics Blogger Gathering
Sebelum acara berakhir, Viva Cosmetics mengadakan giveaway yang berhadiah Xiaomi Mi-Band. Yang beruntung adalah Redha dan mbak Sari. How lucky they are!

Viva Cosmetics Blogger Gathering
Sekian cerita tentang keseruanku mengunjungi pabrik Viva Cosmetics bareng temen-temen Surabaya Beauty Blogger. Wawasan kami jadi terbuka dan makin bangga dengan produk lokal tertua di Indonesia ini. Acara ini menghilangkan pemahaman tentang brand tua digunakan oleh orang tua aja. Nyatanya, produk Viva Cosmetics bagus banget dan cocok digunakan di segala usia mulai dari remaja sampai wanita dewasa. Semoga kedepannya banyak bermunculan produk-produk baru Viva Cosmetics. I'll wait for that.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


© Copyrighted and Designed by . All rights reserved.